Traffic Light Sepanjang Jl. Veteran Solo Terganggu Pemadaman Listrik
Kendaraan roda dua dan roda empat melintas di perempatan Kratonan, Jl. Veteran, Serengan, Solo, Rabu (26/9/2018). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Pemadaman listrik oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Kota Solo, Rabu (26/9/2018), berdampak pada gangguan sejumlah lampu alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL). Hal ini rawan mengakibatkan kemacetan dan kesemrawutan lalu lintas.

Pantauan Pewarta Foto Solopos, Nicolous Irawan, di Jl. Veteran, khususnya Perempatan Kratonan, lalu lintas berjalan tak teratur karena traffic light di perempuan itu mati sekitar pukul 11.45 WIB. Kendaraan dari keempat arah melaju tak ada yang mau mengalah dan rawan mengakibatkan kecelakaan maupun kemacetan.

Warga setempat menduga hal itu terjadi karena ada pemadaman listrik dari PLN. Petugas Central Control (CC) Room Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Fendi, saat dihubungi Solopos.com, membenarkan sejumlah lampu APILL di sepanjang Jl. Veteran mulai dari Perempatan Baturono di Pasar Kliwon sampai Tipes sempat tak berfungsi, Rabu siang.

"Ya tadi memang APILL di sepanjang Jl. Veteran sempat tidak terkonek dengan kami [CC Room]. Tapi itu baru saja dan kami langsung menyiapkan back up-nya menggunakan aki," jelas Fendi.

Fendi mengatakan meski APILL di sedikitnya lima lokasi di sepanjang Jl. Veteran sempat tak berfungsi, hal itu tak sampai mengakibatkan gangguan parah pada arus lalu lintas. Dishub pun belum sampai harus menurunkan petugas ke lapangan untuk mengatur lalu lintas.

"Kami akan berkoordinasi dengan PLN kira-kira sampai kapan pemadaman ini berlangsung. Kalau nanti sampai jam-jam sibuk masih ada gangguan pada APILL mungkin kami juga perlu menurunkan petugas untuk mengatur lalu lintas agar tidak semrawut," kata dia.

Fendi menambahkan sepanjang pengamatannya dari CC Room, gangguan APILL akibat pemadaman listrik hanya terjadi di sepanjang Jl. Veteran. Di kawasan lain terpantau aman.

Sebagaimana diinformasikan, PLN Rayon Kota Solo memadamkan listrik di sejumlah wilayah di Kota Solo, Rabu mulai pukul 10.00 WIB-15.00 WIB.

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com, Selasa (25/9/2018), wilayah yang terdampak pemadaman listrik tersebut yakni sebagian kawasan Jl. Ronggowarsito, Jl. Diponegoro, Jl. Gatot Subroto, Jl. dr. Radjiman, Jl. Kalilarangan, Jl. Wirotamtama, Jl. Manduro, Jl. Pringgodani, Jl. Yudistira, Jl. Arjuna, Jl. Veteran, dan sekitar perempatan Sraten.


Avatar
Editor:
Suharsih


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom