SOLOPOS.COM - Pelepasan benih ikan nila dan tombro di sungai kecil Dusun Samben, Desa Argomulyo, Sedayu Senin (8/1/2018). (Salsabila Annisa/JIBI/Harian Jogja)

Sudah ada ribuan benih ikan yang ditebar.

Harianjogja.com, BANTUL–Kecamatan Sedayu, Bantul punya tradisi unik. Bagi pasangan yang akan menikah alias calon pengantin diminta menabur benih ikan di sungai terdekat tempat tinggal si calon mempelai. Tujuannya meningkatkan budidaya perikanan di wilayah ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Camat Sedayu Fauzan Muarifin mengatakan calon pengantin biasanya menebar benih ikan sebelum prosesi pernikahan. Kegiatan tersebut sudah berlangsung sejak 27 September 2017. “Ikan yang ditebar benihnya biasanya ikan nila, tombro dan lele,” ujar Fauzan kepada Harianjogja.com seusai melakukan panen raya di Desa Argomulyo, Senin (8/1/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Terhitung sejak 27 September 2017, sudah ada 17 pasangan yang memiliki kartu tanda penduduk (KTP) Kecamatan Sedayu yang melangsungkan pernikahan. Jika ditotal ada 6000 benih ikan yang sudah dilepaskan ke sungai-sungai kecil di dusun-dusun di Kecamatan Sedayu. Nantinya sungai-sungai di dusun akan bermuara di Sungai Progo. Terkait jumlah tiap jenis ikan, Fauzan tidak menyebutkan. Sampai saat ini sudah terdaftar satu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

Seusai melaksanakan panen raya dan peresmian gudang benih bersama Kepala Balitbangtan, Fauzan pun menebar 3000 benih ikan yang terdiri dari ikan nila dan tombro. “Kami targetkan Sedayu tidak hanya unggul pertanian padi, tetapi juga perikanan,” kata Fauzan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya