Solopos.com, TEMANGGUNG — Petani di Desa Petarangan, Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menggelar tradisi sedekah bumi seusai panen raya tembakau sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

PromosiMitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam tradisi ini warga membawa nasi tumpeng, ingkung ayam, dan aneka makanan tradisional ke puncak Bukit Botorono yang merupakan destinasi wisata yang ada di Desa Petarangan.

Selain sebagai rasa syukur, tradisi ini juga untuk meminta keselamatan pada Allah semoga seluruh warga Petarangan dan Temanggung pada umumnya selalau diberikan kesehatan dan kelancara dalam mencari nafkah.

 

Petani Desa Petarangan, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung mengusung tumpeng saat menggelar tradisi sedekah bumi usai panen tembakau. (Antara/Anis Efizudin)

 

Sesepuh adat melakukan ritual di petilasan Ki Bergolo saat tradisi Merti Desa Petarangan di puncak bukit Botorono lereng gunung Sumbing, Petarangan, Kledung, Temanggung, Jateng, Jumat (26/11/2021). (Antara/Anis Efizudin)

 

Warga berdoa bersama saat tradisi Merti Desa Petarangan di puncak bukit Botorono kawasan lereng gunung Sumbing, Petarangan, Kledung, Temanggung, Jateng, Jumat (26/11/2021). (Antara/Anis Efizudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi