SOLOPOS.COM - (Istimewa)

Harianjogja.com, SLEMAN – Sebanyak 16 siswa Sekolah Penerbang Prajurit Sukarela Dinas Pendek (Sekbang PSDP) angkatan 88 mengikuti terbang solo di Hanggar Bravo Lanud Adisumarmo Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/8/2014) lalu. Dalam proses pendidikan terbang tidak mengenal kompromi demi terciptanya penerbang yang andal.

Terbang Solo Pertama yakni Sersan Siswa Richard Luxcy Susanto. Sedang Sersan Siswa Erika Ade Prasetyo memperoleh predikat terbang Solo terakhir. Tradisi yang dikemas dalam upacara militer ini ditandai dengan pemecahan telur diatas kepala perwakilan siswa sebagai tanda telah berhasilnya mereka akan mengikuti pendidikan selanjutnya.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Danlanud Adisutjipto, Marsma TNI Agus Munandar menjelaskan penerbang militer identik dengan penerbang tempur. Untuk membentuk calon penerbang militer yang memiliki kualifikasi andal, butuh waktu dan resiko yang tinggi. Karena itu diperlukan proses yang konsisten, berkelanjutan, tahapan-tahapan sistematis, ketat dan tanpa kompromi.

“Itu ditempuh karena bakat dan kemampuan setiap siswa tidak sama. Padahal kemampuan terbang tidak bisa ditawar-tawar. Toleransi sekecil apapun terhadap kekurangmampuan dari setiap siswa, mengandung resiko potensi yang membahayakan. Tidak saja bagi diri calon penerbang itu sendiri, tapi juga orang lain dan alutsista yang digunakannya,” tegas Danlanud, Jumat (15/8/2014).

Ia menambahkan setiap tahapan bina terbang sangat terbuka kemungkinan untuk menjadi penghalang yang mengakibatkan kegagalan. Karena itu ia menekankan kepada seluruh siswa Sekbang Angkatan 88 agar memelihara semangat belajar dan lebih mengedepankan konsentrasi pada setiap latihan terbang. Dengan demikian, TNI AU tidak akan mengambil resiko yang mungkin dapat terjadi akibat dari kekurangmampuan para siswa.

Siswa Sekbang PSDP Angkatan 88 terdiri dari 16 siswa. Selama latihan, menggunakan Pesawat Latih Dasar AS-202 Bravo yang kini diputuskan tidak dipakai lagi pascakecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya