SOLOPOS.COM - Rombongan kirab upacara adat Kebo Ketan menyusuri jalan di Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Minggu (18/12/2016) siang. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Upacara adat Kebo Ketan di Desa Sekarputih diikuti ribuan warga.

Madiunpos.com, NGAWI — Ribuan warga mengikuti kirab Kebo Ketan untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi di lapangan Desa Sekarputih, Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, Minggu (18/12/2016) siang. Dalam upacara adat itu ada sejumlah kesenian yang ditampilkan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pantauan Madiunpos.com di lokasi, upacara adat itu dimulai dari Sendang Marga di desa tersebut. Kemudian rombongan kirab yang terdiri atas berbagai kelompok kesenian itu berjalan menuju ke lapangan Desa Sekarputih.

Rombongan kirab Kebo Ketan itu dimulai dari replika kebo ketan, reog Ponorogo, pasukan Keraton Yogyakarta, barongsai Kwan Sing Bio dari Tuban, Barongan dari Blora, Barong Abang dari Tanggulangin, Dongkrek dari Madiun, dan kesenian lainnya.

Dengan menyusuri jalan sepanjang dua kilometer, seluruh peserta upacara adat terlihat menikmati suguhan tersebut. Selesai di lapangan, kelompok seni itu unjuk gigi dengan menampilkan berbagai gerakan indahnya.

Salah seorang warga, Dika Alfa Setiawan, mengatakan sangat senang ada kegiatan tersebut. Upacara adat Kebo Ketan menjadi salah satu agenda baru di wilayahnya.

“Acaranya bagus dan meriah. Bisa melihat berbagai kesenian dari berbagai daerah,” jelas warga Desa Sekarputih itu.

Warga lainnya, Anjar, juga mengatakan hal yang senada. Kegiatan upacara adat Kebo Ketan ini baru pertama kali digelar dan terselenggara dengan meriah.

Menurut dia, kegiatan adat seperti ini terus digelar supaya masyarakat juga bisa menikmati dan mengetahi tradisi adat di daerahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya