SOLOPOS.COM - Kompleks Balai Kota Solo. (Solopos/dok)

Solopos.com, SOLO – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengambil spesimen nasofaring dan orofaring kontak dua pegawai Pemkot yang terkonfirmasi positif Covid-19, pada Minggu-Selasa (3-5/8/2020).

Selain itu, mereka juga menggelar tracing kontak dua tamu Balai Kota Solo yang juga diketahui positif terinfeksi virus corona. Keempat kasus konfirmasi tersebut menjadi bagian dari tracing kepada 102 orang yang menjadi kontak Wakil Walikota Solo, Achmad Purnomo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Penularan penyakit ini seperti MLM (multilevel marketing), berantai. Ketika satu kena, penelusuran terus dilakukan ke kontak-kontak di bawahnya. Enggak berhenti begitu saja,” terang Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Solo, Ahyani, kepada wartawan, Selasa (4/8/2020).

Kocak Penuh Makna, Begini Potret Kekecewaan Dan Kritik Warga Solo Terhadap Pilkada Dalam Ilustrasi Visual

Ia menambahkan hasil uji swab 102 orang tersebut belum seluruhnya keluar. Sehingga dia meminta siapapun yang sudah menjalani uji swab melakukan karantina mandiri sebelum hasilnya keluar. Terutama para aparatur sipil negara (ASN) karena berpengaruh pada kinerja pelayanan.

“Saat berkegiatan harus menjaga diri dan korps (pegawai), karena pengaruhnya ke pelayanan. Jangan sampai terdampak karena ada yang kena Covid-19. Prinsipnya jangan tertular, jangan menularkan. Etikanya seperti itu. Wajib bekerja dari rumah dulu kalau sudah uji swab sampai hasil keluar,” ucap Ahyani.

Purnomo: Putri Woelan Cucu PB XII Niat Maju di Pilkada Solo 2020

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih, mengatakan kontak pegawai Bagian Humas dan Protokol Setda berjumlah 12 orang. Sedangkan kontak Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Etty Retnowati sebanyak 34 orang.

“Jumlah itu termasuk keluarga dan teman sekantor maupun kontak lain yang pernah bertemu, karena memang sempat beraktivitas. Karantina mandiri wajib agar rantai penularan virus ini bisa putus,” ucap Ning, sapaan akrabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya