SOLOPOS.COM - TPS unik bernuansa World Cup (JIBI/Bisnis/MIftahul Ulum)

Solopos.com, SURABAYA–Banyak cara menarik pemilih menggunakan haknya, salah satunya dengan membuat tempat pemungutan suara unik seperti dilakukan TPS 8, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Jambangan, Surabaya.

Lokasi pemungutan suara di kawasan Surabaya Selatan itu setiap momen pemilihan selalu mengusung tema unik. Saat pemilihan Gubernur Oktober 2013 lalu di lokasi sama diusung tema rocker.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Meydi Yuwono, Ketua Panitia Pemungutan Suara 8, menguraikan kali ini tema world cup dipilih karena gelaran olahraga kelas dunia akan digelar Juni mendatang.

“Dengan tema ini diharapkan keterlibatan pemilik suara meningkat. Saat pilgub bisa 70% sekarang diharapkan bisa 80%,” jelasnya, Rabu (9/4/2014).

TPS 8 memiliki 355 daftar pemilih. Setiap pemegang suara saat datang ke tempat pemungutan menyerahkan surat panggilan memilih ke panitia yang mengenakan jersey klub bola. Mereka lantas duduk menunggu panggilan memilih.

Nah, kelengkapan suara seperti bilik suara dan kotak suara ada seperti lazimnya. Namun, aksesori seperti karpet merah yang dilengkapi gawang setinggi 1 meter dan lebar 2 meter membuat unik.

Selain itu, di tembok ada poster Portugal, Inggris, Brazil dsb. Bola plastik yang diikat tali juga digantung di langit-langit aula sekolah rakyat Kuncup Melati Putih yang disulap sebagai tempat pemungutan suara.

Peserta yang sudah memilih dan mencelupkan jari ke tinta maka diberi kesempatan hiburan. Mereka diminta menendang bola dan mengarahkan ke gawang. Gol maupun tidak, sorak sorai selalu menyeruak saat bola ditendang.

Selepas itu, penendang bola bisa mengambil ketela, kacang, singkong yang disediakan panitia pemilihan sebagai hadiah.

Yuwono menguraikan semua aksesoris tersebut disumbang dermawan, salah satu warga setempat yang kebetulan anggota kepolisian. “Jadi kalau tiap TPS dana membuatnya Rp750.000 maka karena ada sumbangan ada sisa sedikit untuk makan dan minum,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya