SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo(Espos)–Upaya anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) untuk menarik pemilih agar bersedia datang ke TPS, Senin (26/4) banyak dilakukan. Mulai dari panitia yang mengenakan pakaian beskap hingga hiburan organ tunggal yang menyajikan musik dangdut dan campursari.

Di TPS 5 Kelurahan Joyotakan, Serengan, anggota KPPS menyediakan peralatan sound system organ tunggal. Alat musik ini disediakan agar warga tidak jenuh dengan suasana di TPS. ”Kesannya santai, tapi serius. Santai, kita bisa dengar musik, tapi tetap serius dan konsentrasi pada pekerjaan,” kata Ketua KPPS 10 Joyotakan, Pramono saat ditemui Espos di lokasi, Senin.  Musik yang ditampilkan yakni musik dangdut dan campur sari.

Promosi Skuad Sinyo Aliandoe Terbaik, Nyaris Berjumpa Maradona di Piala Dunia 1986

Selain saat hari pencoblosan, hiburan ini juga dilakukan saat malam menjelang hari pencoblosan. Hal ini bertujuan untuk menghibur anggota KPPS dan Linmas yang bertugas menjaga logistik. ”Untuk mengusir jenuh dan ternyata membuat suasana semarak malam tadi, mereka baru pulang sekitar pukul 02.00 WIB,” tambahnya.

Pramono berharap, dengan adanya hiburan ini dapat mendongkrak partisipasi warga untuk datang dan mencoblos. ”Semakin banyak ayngmencoblos, maka akan semakin baik pemerintahan karena didukung warga,” katanya.

Sedang di TPS 10 Kelurahan Kerten anggota KPPS mengenakan pakaian adat atau beskap lengkap dengan keris dan blangkon. Ketua KPPS pada TPS 10, Abdul Rahman, mengatakan, pilihan anggota KPPS memakai pakaian adat Jawa ini selain kecintaannya pada kebudayaan Jawa, juga untuk menyemarakkan Pilkada Solo. ”Kegiatan di sini sering dilakukan dengan cara prosesi adat Jawa,” katanya.

Tidak hanya pakaian saja, namun juga menggunakan bahasa Jawa saat pembukaan dan melakukan potong tumpeng. ”Sebagai upaya untuk memohon keselamatan kepada Yang Maha Esa,” katanya.

Sedang di sebagian besar TPS busana yang dikenakan anggota KPPS yakni batik klasik atau komtemporer, seperti di TPS 1 Kerten, TPS 10 Tipes atau TPS 26 Pajang.

m86

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya