SOLOPOS.COM - Ilustrasi Toyota New Yaris (toyota.co.id)

Toyota New Yaris (toyota.co.id)

JAKARTA– Toyota Motor Corp akan memindahkan produksi model kompak Yaris dari Jepang ke Prancis pada Mei tahun depan. Nantinya, model itu akan dijual di Amerika Utara sekaligus menandakan untuk pertama kalinya Toyota akan  mengekspor mobil dari Eropa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para analis mengatakan langkah yang diumumkan Toyota akhir pekan lalu itu sehubungan mata uang yen yang menguat dan melonjaknya biaya energi sehingga mempengaruhi pendapatan.

Langkah Toyota itu menyusul produsen senegaranya seperti Honda Motor Co, Nissan Motor Co dan Mazda Motor Corp untuk membuka pabrik baru di Meksiko untuk melayani pasar Amerika Utara.

Produsen mobil di Jepang itu juga menghadapi peraturan tenaga kerja yang mahal, pajak perusahaan yang tinggi dan kebijakan kebuntuan energi setelah krisis Fukushima tahun lalu yang menyebabkan matinya semua reaktor nuklir di negara tersebut.

Yaris dikenal sebagai Vitz di Jepang.Pergeseran itu membutuhkan investasi sebesar delapan juta euro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya