Kategori: Otomotif

Toyota Segera Rilis SUV Listrik, Pasar Mobil Listrik Lebih Ramai?


Solopos.com/Muhammad Khadafi

Solopos.com, JAKARTA — Toyota akan memamerkan mobil SUV listrik anyar di Shanghai Auto Show, 19 April 2021 mendatang. Mobil yang diperkirakan akan mengisi line up Beyond Zero, sub merek Toyota untuk mobil listrik itu, bakal membuat pasar mobil listrik lebih ramai?

Mengutip berbagai sumber, mobil ini disebut berpotensi menjadi game changer dalam hal teknologi kendaraan listrik. Sebagai informasi, sub merek Toyota, Beyond Zero menggunakan solid state battery sebagai sumber tenaga.

Mengutip Tom's Guide, Selasa (14/4/2021), baterai solid-state beroperasi lebih efisien dalam cuaca dingin, menawarkan jangkauan yang lebih jauh, dan mengisi daya lebih cepat. Hal ini menjadi inovasi penting bagi pasar mobil listrik.

Baca Juga: Turn Back Hoax: Vegetarian Kebal Covid-19?

Oleh karena itu mobil listrik anyar dari Toyota ini akan menambah ketat persaingan pada segmen SUV. Mobil ini akan berhadapan langsung dengan Tesla Model Y, Ford Mustang Mach-E, dan Volkswagen brand-new ID.4.

Adapun sebelumnya, Toyota telah meluncurkan teaser mobil jenis SUV tersebut. Logo merek berwarna biru tersemat pada bagian depan mobil, yang menandakan mobil ini tanpa emisi karbon.

Subaru Evoltis?

SUV tersebut dilaporkan dikembangkan bersama Toyota dan Subaru berdasarkan platform e-TNGA untuk mobil listrik. Sebagaimana dilansir Hindustan Times, SUV listrik ini juga akan memiliki versi Subaru, yang kemungkinan diberi nama Evoltis.

SUV mid-size zero-emission ini akan memulai pengiriman ke dealer sekitar tahun 2023. Mobil SUV tersebut bakal menjadi yang pertama dari enam mobil listrik baterai Toyota yang diluncurkan hingga 2030.

Baca Juga: Begini Pria Tunjukkan Cinta Menurut Zodiak

Semua mobil listrik tersebut dikembangkan dengan bekerjasama dengan Suzuki dan Daihatsu sebagai bagian dari perjanjian global mereka.

Platform e-TNGA mampu mengakomodasi konfigurasi penggerak roda depan, belakang, dan semua roda. Bahkan mampu mengakomodasi rangkaian motor listrik dan paket baterai mulai dari 50 kWh hingga 100 kWh.

Mobil SUV listrik Toyota yang terbaru tidak mendapatkan gril depan konvensional karena tidak ada mesin pembakaran internal konvensional di bawah kapnya. Namun ada gril yang lebih rendah sebagai pendingin.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

 

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono