SOLOPOS.COM - Tampilan dua sedan tua Toyota yang didukung dengan produksi ulang sparepartnya. (global.toyota)

Solopos.com, SOLO – Kabar gembira untuk para penggemar dan kolektor mobil tua Corolla Levin dan Sprinter Trueno atau AE86. Toyota mengumumkan meproduksi ulang sparepart atau suku cadang yang siap dipasarkan ke dalam dan luar negeri.

Hal itu sebagaimana disampaikan melalui program GR Heritage Part Project. Toyota Global mengumumkan sparepart yang dimaksud mulai bisa dipesan mulai 1 November 2021.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Mengutip laman Toyota Global, Rabu (10/11/2021), project tersebut mendukung pelanggan dengan suku cadang asli. Toyota melihat dua seri mobil itu masih dicintai oleh para penggemarnya.

Baca Juga: Tahan Banting, Toyota Masih Cetak Laba Rp173,5 T

TGR telah memproduksi sparepart untuk Supra A70 dan A80, Toyota 2000GT serta Land Cruiser seri 40. AE6 atau sedang dengan julukan hachi-roku mendapat giliran dukungan produksi sparepart asli kali ini.

Levin dan Trueno adalah model sport untuk seri Corolla dan Sprinter. Sedan tersebut dibekali mesin 1.6 liter DOHC dengan 16 katup (4A-GEU). Produksi mobil ini telah dihentikan sejak 30 tahun silam.

Namun, Toyota melihat dua mobil ini sangat populer. Terbukti dengan masih menggemanya julukan hachi-roku yang berarti delapan enam dibicarakan para penggemarnya.

Baca Juga: Oktober, 3.905 Unit Daihatsu Sigra Terjual

Toyota juga menyebut lahirnya GR86 dengan peluncuran 28 Oktober 2021 diilhami dari cerita sejarah hachi-roku tersebut. GR6 diharapkan mewarisi popularitas hachi-roku.

Toyota memastikan November ini persiapan produksi sparepart untuk dua sedan itu selesai. Secara bertahap, sparepart bakal disediakan dan bisa dibeli di dealer Toyota.

Namun Toyota memberi catatan sparepart yang mereka produksi lagi itu bakal dilakukan dalam jangka waktu terbatas. Tentu dengan kerja sama khusus dari pemasoknya.
Dengan begitu, setiap bagian yang diproduksi hanya akan tersedia selama persediaan masih ada.

Baca Juga: Kisah Unik 40 Tahun Mobil Tua Parkir di Italia

Pantauan Solopos.com, sparepart yang tersedia untuk dua sedan lawas itu bisa dipantau melalui website TGR. Peminat tinggal memasukkan jenis mobil, kategori dan sub kategori sparepart yang dicari.

Namun yang disebutkan pada laman Toyota Global, sparepart yang disediakan itu adalah rear brake calipers, steering knuckle arms dan rear drivershafts.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya