SOLOPOS.COM - Ilustrasi (dealertoyotajakarta.com)

Ilustrasi (dealertoyotajakarta.com)

JAKARTA—Di balik bodi bongsor Toyota NAV1 tersimpan teknologi baru yang hanya dimiliki oleh NAV1. Apa itu? Tidak lain teknologi canggih yang disebut Toyota sebagai Valvematic.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk mobil Toyota di Indoneisa, Valvematic baru pertama kali dipasang di NAV1. Tanda Valvematic bisa dikenali dari kode mesin NAV1 yakni 3ZR-FAE.

“Ada ‘A’- nya yang menunjukkan Valvematic. Ini teknologi baru, belum terlalu lama dikembangkan, sekitar 2 tahun dan baru sedikit model yang menggunakan Valvematic,” ujar General Manager Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor Dadi Hendriadi di sela-sela media test drive Toyota NAV1 di Cirebon, seperti dikutip detikOto Selasa (18/12/2012).

Jadi apa Valvematic itu? Valvematic merupakan pengembangan dari teknologi VVT-i, berupa sistem continous valve lift control bekerja sama dengan sistem valve timing control milik VVT-i.

Sistem Valvematic juga tidak tergantung pada fungsi throttle valve karena mengatur sendiri volume intake udara menggunakan valve lift.

“Apa untungnya? Konsumsi BBM lebih bagus dan respons engine lebih cepat, pada saat kita gas, revolution engine cepet naiknya,” ujarnya.

Keuntungan lain adalah tenaga yang lebih meningkat karena bukaan katup bisa lebih besar lagi. “Pada saat gas ditekan habis si katup (intake udara) akan membuka lebih besar sehingga banyak udara yang masuk dan meningkatkan tenaga,” ujarnya.

Keuntungan lain sistem ini adalah emisi yang lebih bersih. Sistem dapat mempertahankan kecepatan udara pada putaran mesin rendah dengan jumlah angkatan katup yang lebih kecil.

Toyota mengklaim penggunaan teknologi ini memungkinkan NAV1 memiliki angka konsumsi BBM irit sebesar 1:12. Mereka juga menilai keiritan mobil lebih bagus 5-10 persen dibanding mesin lain dengan kapasitas mesin yang sama. Begitu pula performa, lebih tinggi 10 persen dibandingkan mesin lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya