Toyota Indonesia Hadirkan Mobil Listrik Baterai
Ilustrasi mobil listrik Toyota. (toyota/global.com)

Solopos.com, JAKARTA — PT Toyota Astra Motor berencana memperluas pasar mobil elektrifikasi nasional dengan menyiapkan lini battery electric vehicle (BEV) atau kendaraan listrik berbasis baterai. Bagaimanakah mobil listrik yang bakal dibawa pemimpin pasar mobil di Indonesia itu?

Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto bahwa Toyota akan melangkah lebih dengan menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lebih lengkap. Penyiapan mobil listrik Toyota ini sejalan dengan keinginan positif pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi kendaraan elektrifikasi.

“Setelah sebelumnya kami menghadirkan hybrid electric vehicle [HEV] dan plug-in hybrid electric vehicle [PHEV], TAM [Toyota Astra Motor] akan melengkapinya dengan menghadirkan teknologi BEV,” ujarnya dalam diskusi virtual, Rabu (18/11/2020).

Belasan Ular Kobra Sembunyi di Rumah, Warga Bogor Heboh…

TAM berencana meluncurkan kendaraan BEV melalui brand Lexus, yang nantinya akan dijual secara ritel. Hal ini bertujuan melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi dengan model HEV yang sudah ada sebelumnya, baik di brand Lexus maupun Toyota.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa perusahaan akan menerapkan dua pendekatan untuk mengembangkan pasar kendaraan listrik atau mobil listrik Toyota di Indonesia.

Persiapkan Calon Konsumen

Pertama, dengan terus meningkatkan pemahaman masyarakat terkait teknologi elektrifikasi. Kedua adalah menyiapkan teknologi untuk membantu mobilitas masyarakat.

“Pendekatan yang sudah kami lakukan lebih dari 10 tahun yang lalu ini kami lakukan agar teknologi elektrifikasi makin populer, dikenal, dan diterima oleh masyarakat Indonesia,” tutur Anton.

Kata Fengsui, Rezeki Datang Tergantung Penataan Rumahmu...

Di sisi lain, TAM juga menyadari bahwa menjual kendaraan elektrifikasi, khususnya Full Battery EV baru dapat menyasar sebagian kecil lapisan pelanggan yang cukup mampu. Oleh karena itu, TAM juga tengah bekerjasama dengan ITDC Nusa Dua untuk mempersiapkan dan membangun konsep EV Ecotourism di kawasan Nusa Dua Bali.

Toyota kali pertama menghadirkan kendaraan elektrifikasi alias mobil listrik di Indonesia pada 2009 lewat peluncuran Toyota Prius HEV. Setahun berikutnya, brand Lexus sebagai merek kendaraan premium, Toyota memasarkan Lexus LS HEV untuk segmen high-end.

Sampai saat ini, ada delapan model kendaraan elektrifikasi yang sudah dipasarkan di Indonesia, baik sedan, MPV maupun SUV. Penerimaaan model tersebut dinilai semakin baik, dengan total penjualan melebihi angka 3.300 unit mobil listrik hingga Oktober 2020.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom