SOLOPOS.COM - Ilustrasi (yahoonews)

Ilustrasi (yahoonews)

JAKARTA – Toyota akan menarik sekitar 2,5 juta unit mobil dan truk di Amerika Serikat (AS) dan 7,4 juta unit di seluruh dunia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam pengumuman yang dilansir yahoonews, Kamis (11/10/2012) itu disebutkan, penarikan kendaraan untuk memperbaiki sistem pengendali power window yang bisa lengket, menimbulkan asap dan berpotensi menyebabkan kebakaran.

Sejauh ini tidak ada laporan yang menyebutkan korban luka akibta cacat produksi tersebut. Bahkan keputusan penarikan ini dilakukan setelah pihak Toyota sempat menjamin kepada para pejabat AS pada awal tahun ini, masalah itu tak memerlukan penarikan massal.

Penarikan kali ini merupakan terbesar yang dilakukan Toyota sejak 1996. Dalam penarikan kali ini, akan melibatkan pemeriksaan dan jika diperlukan penggantian pengendali power window yang berada di sisi pengemudi.

Pihak Toyota mengatakan, kombinasi pemasangan sistem pengendali itu bisa lengket sepaang pemakaian terus-menerus dan dikhawatirkan memicu peningkatan suhu.

Langkah ini otomatis mematahkan sikap Toyota awal tahun ini, ketika Departemen Keamanan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS melakukan penyelidikan pada Februari, menyusul 32 keluhan tentang timbulnya asap, suhu yang meningkat dan api kecil dari pengendali power window.

Data Toyota juga mengungkapkan adanya 129 keluhan tambahan. NHTSA juga mendapat 10 laporan tentang korban luka ringan berupa lecet pada tangan kiri pengemudi [kemudi mobil di AS berada di sebelah kiri].

Atas keluhan-keluhan itu, pada April lalu Toyota mengklaim masalah tersebut bukanlah cacat produksi, melainkan kesalahan pihak dealer yang menggunakan jenis pembersih tertentu yang bisa memicu reaksi tersebut.

“Toyota tidak percaya ada tren cacat atau risiko tidak masuk akal terhadap keselamatan pengemudi,” tulis Toyota kala itu kepada NHTSA.

Namun NHTSA tidak setuju dan meningkatkan penyelidikan pada Juni, sebuah langkah yang sering menyebabkan penarikan kembali.

Saat ini, Toyota telah pulih dari serangkaian penarikan kembali pada 2007-2008 yang melibatkan lebih dari 10 juta kendaraan di seluruh dunia dan harus membayar kepada NHTSA senilai US$48 juta akibat menunda penarikan atau menyembunyikan cacat keamanan. Sejak saat itu, CEO Toyota, Akio Toyoda telah berjanji untuk lebih responsif terhadap setiap keluhan keselamatan produk mereka.

Pemilik akan mulai menerima pemberitahuan dari pihak dealer jika mobil mereka termasuk yang ditarik, pada akhir bulan ini.

Jenis kendaraan yang akan ditarik ditarik ulang adalah :

• Yaris keluaran 2007-2008

• RAV4 keluaran 2007-2009

• Tundra keluaran 2007-2009

• Camry keluaran 2007-2009

• Camry Hybrid keluaran 2007-2009

• Scion xD keluaran 2008-2009

• Scion xB keluaran 2008-2009

• Sequoia keluaran 2008-2009

• Highlander keluaran 2008

• Highlander Hybrid keluaran 2008



• Corolla keluaran 2009

• Matrix keluaran 2009

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya