SOLOPOS.COM - Ilustrasi tower BTS (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Pengecekan perlu dilakukan karena banyak tower yang sudah lama, kemungkinan kekuatannya sudah berkurang.

Harianjogja.com, SLEMAN-Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, mengimbau pemilik “tower” atau menara seluler untuk mengecek ulang kekuatan konstruksi untuk memastikan keamanannya pada musim hujan ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Memasuki musim hujan potensi terjadinya angin kencang cukup tinggi, untuk itu kami meminta kepada pemilik menara seluler untuk mengecek ulang kekuatan konstruksinya,” kata Plt Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman Kunto Riyadi seperti dikutip Antara, Selasa (11/10/2016).

Pengecekan perlu dilakukan karena banyak tower yang sudah terpasang sejak beberapa tahun lalu, sehingga ada kemungkinan kekuatannya sudah berkurang.

“Kondisi cuaca dapat mempengaruhi kekuatan kontruksinya, semisal pada baut pengikat atau besinya yang terkena korosi,” katanya.

Ia mengatakan pengecekan ulang kekuatan konstruksi tersebut perlu dilakukan untuk pengurangan risiko bencana.

“Karena ada juga menara seluler yang dibangun di dekat pemukiman warga, sehingga tidak menimbulkan musibah perlu dilakukan pengecekan ulang,” katanya.

Kunto mengatakan, selain tower seluler, yang juga perlu dilakukan pengecekan ulang adalah kekuatan papan baliho berukuran besar.

“Papan-papan baliho juga perlu dilakukan pengecekan ulang kekuatan konstruksinya. Apalagi hampir semua papan baliho dibangun di tepi-tepi jalan yang padat lalu lintas kendaraan,” katanya.

Ia mengatakan BPBD akan segera menyampaikan imbauan kepada pemilik tower seluler maupun papan baliho.

“Kami harapkan mereka bisa lebih peduli untuk melakukan pengecekan ulang kekuatan konstruksinya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya