SOLOPOS.COM - George Wyman. (Dailymail.co.uk)

Touring motor kali pertama di dunia dilakukan tahun 1903.

Solopos.com, WASHINGTON – Istilah touring atau perjalanan jarak jauh menggunakan kuda besi tentu tidak asing lagi di kalangan klub motor. Tetapi tahukah Anda siapa orang yang melakukan touring kali pertama di dunia?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Catatan sejarah yang dikutip Solopos.com dari laman Dailymail, Jumat (11/3/2016), menyebut touring motor pertama di dunia dilakukan oleh George Wyman tahun 1903 silam. Motor yang ia gunakan saat itu adalah California Moto Bike yang tenaganya hanya 1,25 hp.

Kala itu Wyman melakukan touring dari San Fransisco dengan rute Nevada, Utah, Wyoming, Nebraska, Iowa, dan Illinois.  Perjalanan tersebut berlanjut ke Chicago, Buffalo, New York, hingga Alabama. Ia kemudian menyusuri sungai Hudson dan kembali ke New York.

Dalam touring motor pertama di dunia itu Wyman tercatat menempuh jarak mencapai 6.080 km. Medan yang dilalui pun beragam, mulai dari padang pasir, pegunungan, hingga daerah rawa. Sedangkan waktu yang ia habiskan tidak kurang dari 50 hari.

Sayangnya nama Wyman kini seolah terlupakan dan perlahan menghilang dari dunia otomotif roda dua. Oleh sebab itu komunitas George Wyman Legacy yang dipimpin oleh Tim Materson ingin mendirikan museum khusus untuk mengenang Wyman dan sejarah touring motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya