TOURING MOTOR : Demi Alam, Bule Ini Jelajah Indonesia Pakai Motor Listrik
Alain Compost dan Zero Motorcyle DS. (Detik.com)

Touring motor keliling Indonesia dilakukan fotografer asal Prancis.

Solopos.com, SOLO – Seorang bule aktivis lingkungan hidup asal Prancis, Alain Compost berniat touring motor seorang diri menjelajah Indonesia. Sejalan dengan misinya, ia menggunakan motor tenaga listrik agar tetap ramah lingkungan.

Selain tidak menghasilkan emisi, Alain yang juga berprofesi sebagai fotografer dan sudah bekerja menetap di Indonesia selama 40 tahun itu menganggap motor listrik lebih sopan untuk berkunjung ke pedalaman karena tidak menghasilkan suara berisik.

“Kenapa motor listrik? Kan ke kampung-kampung kalau bawa motor besar enggak cocok, berisik. Di sepanjang perjalanan juga akan seru apalagi saya jalan sendiri,” ungkap Alain seperti dilansir laman Detik, Sabtu (30/7/2016).

Terkait masalah jika baterai motor listrik Zero Motorcycle DS yang ia kendarai habis, Alain mengaku tidak terlalu mengkhawatirkannya. Ia akan men-charge ketika melewati kantor polisi, restoran, atau hotel.

Tetapi jika situasi tidak memungkinkan, ia akan mengangkut motor tersebut dengan pikap yang sudah ia pesan kepada komunitas lingkungan hidup di tempat yang ia tuju supaya tidak terlalu repot.

“Susahnya perjalanan tidak seberapa. Yang lebih susah itu membawa misi perjalanan ini supaya masyarakat sadar mereka harus jaga lingkungan di tempat tersebut, enggak hanya pemerintah. Itu message yang mau saya sampaikan,” imbuhnya.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi Zero Motorcycle, tipe DS merupakan motor listrik tipe adventure dengan mesin bertenaga 54 hp, torsi 92 Nm, dan dapat dipacu hingga 158 km/jam. Sedangkan baterainya dapat digunakan untuk menempuh jarak sekitar 200 km.

 

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom