SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Rentetan gempa bumi tektonik menerjang wilayah Kabupaten Madiun dan Kota Madiun, Jawa Timur, pada Sabtu (3/8/2019) pagi. Setidaknya ada 19 kali guncangan di wilayah itu dalam rentang waktu empat jam.

Guncangan mulai terjadi pada pukul 05.55 WIB hingga 10.07 WIB. Guncangan terbesar di wilayah Madiun terjadi pukul 09.42 WIB dengan kekuatan 3,4 SR. Dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7.69 LS dan 111,60 BT atau tepatnya di darat pada jarak 9 km arah barat daya Kabupaten Madiun pada kedalaman 16 km.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto, mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Ekspedisi Mudik 2024

“Guncangan gempa bumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Madiun dalam skala intensitas II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi itu,” kata dia dalam rilisnya.

Hasil monitoring yang dilakukan BMKG, kata dia, terjadi peningkatan aktivitas kegempaan di wilayah Madiun dan sekitarnya. Terpantau aktivitas kegempaan mulai pukul 05.56 WIB sampai pukul 10.07 WIB terjadi 19 kejadian gempa bumi.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya