SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes CPNS (JIBI/Dok)

Solopos.com, JAKARTA -- Formasi lowongan tenaga administrasi tidak tersedia dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam jumpa pers yang digelar bersamaan dengan peresmian UPT BKN Balikpapan, Senin (28/10/2019), menjelaskan pada tahun ini Pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total PNS di Indonesia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan," jelasnya dalam siaran pers resmi BKN yang dikutip Bisnis.com/JIBI.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk diketahui, pada tahun 2019 pemerintah membuka 152.286 lowongan CPNS dengan rincian instansi pusat sebanyak 37.425 lowongan pada 68 K/L dan instansi daerah 114.861 lowongan pada 462 Pemerintah Daerah.

Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Sementara itu, formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru sebanyak 63.324 lowongan, tenaga kesehatan 31.756 lowongan, dan teknis fungsional ada 23.660 lowongan.

Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 lowongan CPNS di 1 instansi.

Pengumuman CPNS diumumkan oleh Menteri PAN RB melalui pengumuman nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, pada Senin kemarin.

Pengumuman tersebut akan diikuti oleh pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya