SOLOPOS.COM - HANCUR TOTAL -- Kawasan permukiman yang dihantam tornado di Kota Joplin, Missouri, AS, terlihat hancur total, Senin (23/5). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Joplin (Solopos.com) Setidaknya 89 orang tewas dan ratusan lainnya terluka setelah angin puting beliung atau tornado menghajar Kota Joplin, Negara Bagian Missouri, AS. Sejumlah media, Senin (23/5) melaporkan angin tornado itu menyapu wilayah selebar 1 km dan sepanjang 10 km. Sebuah rumah sakit ikut kena hajar tronado itu hingga rusak parah.

HANCUR TOTAL -- Kawasan permukiman yang dihantam tornado di Kota Joplin, Missouri, AS, terlihat hancur total, Senin (23/5). (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Gubernur Negara Bagian Missouri, Jay Nixon, telah menyatakan status darurat dan memperingatkan bahwa badai serupa masih bisa terjadi. Bulan lalu, serangkaian tornado dan badai hebat melanda tujuh negara bagian di kawasan selatan AS dan menewaskan 350 orang di Negara Bagian Alabama.

Jeff Lehr, seorang wartawan koran lokal Joplin Globe mengisahkan dirinya tengah berada di dalam rumah saat angin yang berpusar itu melanda kota berpenduduk 50.000 jiwa itu, Minggu (22/5) petang waktu setempat. Dia masih sempat berlindung di ruang bawah tanah rumahnya. “Ada suara hembusan yang sangat keras, jendela rumah saya mulai tercerai berai, pecahan kaca beterbangan. Saya harus berlindung di dalam lemari,” paparnya. “Anda bisa dengar semuanya tersapu, termasuk atap rumah saya dan rumah lain. Saat semuanya selesai, sudah tak ada apa-apa lagi yang tersisa,” paparnya.

Setidaknya 100 pasien di Rumah Sakit St John Regional Medical Center juga harus diungsikan setelah rumah sakit itu rusak parah akibat hantaman tornado. Seorang warga yang tinggal 70 km dari rumah sakit itu menyebut puing-puing dan barang-barang dari rumah sakit itu tersapu angin dan jatuh di pekarangannya, termasuk di antaranya mesin ronsen.

JIBI/SOLOPOS/bas/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya