SOLOPOS.COM - Ilustrasi gempa bumi (JIBI/Solopos/Dok.)

JAKARTA– Gempa bumi baru saja terjadi di wilayah Toraja Utara, Sulawesi Selatan dan dirasakan oleh masyarakat sekitar.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melansir informasi gempa bumi dengan kekuatan 5.0 skala richter mengguncang Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada pukul 09.04 WIB.

Pusat gempa berlokasi di 2,85 lintang selatan dan 119,69 bujur timur atau sekitar 10 kilo meter barat daya Toraja Utara dan 38 kilo meter barat laut Tana Toraja. Pusat gempa terjadi di daratan dan pada kedalaman 10 kilo meter.

“Tidak berpotensi tsunami. Namun, gempa dirasakan cukup keras oleh masyarakat di sekitar,” ujarnya dalam keterangan yang diterima JIBI/Bisnis, Sabtu (22/12/2012).

Berdasarkan analisa peta guncangan gempa, bencana tersebut berskala hingga IV-V (ringan-sedang) pada daerah sekitar pusat gempa. “Belum ada laporan korban maupun kerusakan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toraja Utara hingga saat ini,” ujarnya.

Sutopo menambahkan wilayah Indonesia memang rawan gempa. Sumber gempa tektonik di Indonesia yaitu dari zona subduksi, sesar di daratan, maupun di bagian luar zona subduksi. “Ketiga sumber gempa tersebut dapat menimbulkan kerusakan dan korban jiwa,” jelasnya. Donald Banjarnahor/JIBI/Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya