SOLOPOS.COM - (detik)

(detik)

NEW YORK–Topan Sandy diprediksi akan menerjang wilayah pantai timur Amerika Serikat. Ribuan penerbangan pun dibatalkan menjelang kedatangan topan dahsyat tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Maskapai-maskapai Air France, British Airways, Virgin dan maskapai-maskapai Eropa lainnya telah membatalkan semua penerbangan ke New York, Baltimore, Washington, Boston dan Philadelphia pada Senin (29/10/2012) waktu setempat.

Maskapai-maskapai penerbangan AS juga membatalkan ribuan penerbangan domestik dan mengalihkan penerbangan-penerbangan dari jalur-jalur Topan Sandy. Di New York misalnya, bandara-bandara di negara bagian tersebut masih tetap dibuka pada Minggu, 28 Oktober waktu setempat. Namun otoritas bandara mengingatkan akan adanya gangguan besar bagi para penumpang pesawat dalam dua hari mendatang.

Menurut badan penelusuran aviasi online flightaware.com seperti dilansir kantor berita AFP, Senin, lebih dari 7.400 penerbangan telah dibatalkan karena badai mengerikan ini. Sebanyak 1.240 penerbangan domestik dan internasional dibatalkan pada Minggu (28/10/2012) waktu setempat. Kemudian sebanyak 5.560 penerbangan dibatalkan untuk Senin  dan 645 penerbangan untuk Selasa (30/10/2012) juga telah dibatalkan.

Badai mematikan ini diperkirakan akan tiba di wilayah AS pada Senin larut malam atau Selasa dini hari waktu setempat. Sandy akan lebih dulu tiba di New Jersey atau Delaware. Otoritas New York dan Washington juga telah mengumumkan penutupan layanan kereta bawah tanah dan bus umum. Para pekerja pemerintah non-esensial juga telah diliburkan. Begitu pula dengan sekolah-sekolah di wilayah tersebut.

Kekuatan angin Sandy diperkirakan meningkat saat bertemu dengan badai musim dingin dari AS sebelah barat. Hal ini akan menciptakan fenomena badai dahsyat, yang oleh para ahli disebut Frankenstorm karena hal itu terjadi menjelang perayaan Halloween. Topan mematikan ini bisa berdampak pada sekitar 60 juta jiwa penduduk AS dan New York masuk dalam jalur yang akan dilewati badai ini. Topan Sandy diperkirakan akan tiba pertama kali di wilayah New Jersey dan Delaware pada Senin waktu setempat.

Para gubernur di sejumlah negara bagian telah mengumumkan keadaan darurat menjelang kedatangan Topan Sandy. Negara-negara bagian tersebut adalah Connecticut, Delaware, Maryland, Massachusetts, New Jersey, New York, North Carolina, Pennsylvania, Vermont, Virginia dan Washington.

Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, kebanyakan di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya