Kategori: Boyolali

Top 5 Kuliner Enak & Murah di Boyolali, Cuma Rp10.000-an


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita

Solopos.com, BOYOLALI – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, memiliki sejumlah tempat wisata kuliner yang murah meriah, enak, dan siap menggoyang lidah.

Bagi Anda yang ingin bertandang ke Boyolali dan masih belum memiliki referensi tempat makan enak, jangan khawatir. Berikut rekomendasi Solopos.com terkait makanan enak di Boyolali yang bisa dibeli dengan harga Rp10.000-an. Menarik bukan?

Baca juga: Ayam Panggang Mbok Cimplek Jatipuro Karanganyar Viral, Sehari Habis Ratusan Ekor

Soto Seger

Belum lengkap rasanya jika bertandang ke Boyolali tanpa mencicipi kelezatan sajian soto seger. Soto segar merupakan salah satu kuliner khas dari Boyolali dengan cita rasa gurih yang menyegarkan.

Soto seger yang kuah bening disajikan lengkap dengan suwiran daging ayam atau sapi, kecambah, seledri, dan bawang goreng yang menambah aroma serta menggugah selera. Seporsi soto ini biasanya dijual seharga Rp8.000 hingga Rp10.000.

Jenang Pecel

Bagi penikmat pecel, tak Ada salahnya mencicipi kuliner jenang pecel khas Boyolali. Jika pecel biasanya disajikan dengan nasi, maka kali ini Anda akan merasakan sensasi berbeda makan pecel dengan bubur atau jenang.

Bubur dengan aneka sayuran yang disiram bumbu kacang akan terasa lumer dan nikmat. Kuliner enak yang satu ini biasa dijajakan para PKL di Boyolali. Harganya pun relatif murah, sekitar Rp7.000 per porsi.

Baca juga: Lezatnya Kuliner Bebek Pak Pinggir Boyolali, Gurih-Gurih Nyoi

Rica Mbok Usrek

Bagi pencinta makanan pedas cobalah mampir ke warung rica-rica Mbok Usrek di Gagak Sipat. Warung sederhana di Dukuhan, Kelipan, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali ini dikelola pasangan suami istri sejak 2004.

Kuliner Boyolali yang satu ini terkenal dengan cita rasa pedas, enak, dan harga murah. Seporsi nasi rica-rica ayam di sini bisa Anda nikmati dengan mahar Rp5.000.

Sega Tumpang

Sajian nasi dengan sambal tumpang alias sambal lethok juga wajib Anda cicipi ketika bertandang ke Boyolali. Kuliner yang satu ini dibuat dari tempe semangit alias tempe yang hampir busuk untuk mendapatkan aroma khas. Tempe tersebut kemudian direbus dengan santan dan aneka bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kencur, cabai, daun jeruk, daun salam, dan lengkuas.

Sega tumpang biasanya disajikan dengan urap sayur. Salah satu tempat makan sega tumpang favorit di Boyolali bernama Sego Tumpang Mbah Japar Pasar Cepogo. Seporsi sega tumpang komplet dengan telur, tahu, tempe, perkedel, dan minum dibanderol Rp10.000.

Baca juga: Mau Coba Rica-Rica Bulus? Kuliner Ekstrem Ini Ada di Wonogiri Loh...

Pecel Wader Cengklik

Nah jika Anda sedang berwisata ke Waduk Cengklik, cobalah mampir menikmati pecel wader. Hampir semua warung makan di pinggiran waduk menyediakan menu ini. Cita rasa pecel di pinggiran Waduk Cengklik ini sebenarnya tak jauh beda dengan di tempat lain. Yang membuat beda adalah lauk pendampingnya, yaitu wader.

Ciri khas ikan wader di kawasan Waduk Cengklik ini adalah kerenyahannya. Alhasil, wader yang disajikan bisa dimakan sekalian dengan duri-duri di dalamnya.

Daya tarik lain dari kuliner khas Waduk Cengklik Boyolali ini ini adalah harganya yang murah dan ramah di kantong. Satu porsi pecel wader hanya dibanderol sekitar Rp10.000.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita