Top! 2 SMA di Soloraya Jadi Sekolah Adipangastuti 2021

Lewat Sekolah Adipangastuti, SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali akan menjalankan implementasi perilaku baik budaya Jawa, hastha laku.

 Adipangastuti.id

SOLOPOS.COM - Adipangastuti.id

Solopos.com, SOLO — SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali dipilih sebagai sekolah yang akan menerapkan model Sekolah Adipangastuti 2021. Keduanya menyusul 5 sekolah lainnya di wilayah Soloraya yang sudah menjadi Sekolah Adipangastuti tahun-tahun sebelumnya.

Lima sekolah tersebut adalah SMAN 1 Solo, SMAN 6 Solo, SMAN 1 Kartasura, Sukoharjo, SMAN 3 Sragen, dan SMAN 1 Gemolomg, Sragen. Bahkan kelima sekolah ini sudah dikukuhkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada Desember 2020 sebagai Sekolah Adipangastuti percontohan.

Seperti program Sekolah Adipangastuti sebelumnya, SMAN 1 Karanganyar dan SMAN 2 Boyolali akan menjalankan insert program berupa implementasi perilaku baik budaya Jawa, hastha laku, selama 6 bulan ke depan atau hingga Desember 2021.

Hastha laku yang dimaksud adalah gotong royong, guyub rukun, grapyak semanak, lembah manah, ewuh pekewuh, pangerten, andhap asor, dan tepa slira.

Baca Juga: 2.000 Mahasiswa Soloraya Ikuti Vaksinasi Massal di UIN Surakarta

Ketua Solo Bersimfoni M. Farid Sunarto selaku penggagas program ini mengatakan hastha laku menjadi dasar pembangunan karakter anak-anak sekolah atau remaja milenial di era digital.

“Prinsipnya, di era digital ini anak-anak SMA/SMK sangat rentan terkait kecakapan digital khusunya dalam menerima dan menyampaikan pesan digital. Ini harus kita sadarkan. Sebab kecakapan digital ini identik dengan jejak digital dan personal profiling digital mereka. [Hastha laku] ini dasar pembangunan karakter remaja milenial,” ujarnya.

Ia berharap dengan program yang didesain lebih adaptif dengan perkembangan zaman, nilai-nilai budaya Jawa tersebut akan disukai dan kemudian mengubah perilaku dan kebiasaan mereka.

Baca Juga: Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Karanganyar, Bagus Nugroho mengatakan momentum ini dapat menjadi penyemangat untuk menggali budaya nilai-nilai budaya yang ada di sekitar kita. “Kami sangat senang dipilih menjadi Sekolah Adipangastuti yang melekat karakter-karakter Jawa dan menggali nilai-nilai budaya yang ada di sekitar kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Boyolali, Agung Wardoyo mengatakan pihaknya siap mengembangkan hastha laku di dalam pendidikan dan pembelajaran. “Kami siap mengembangkan hastha laku dalam pendidikan dan pembelajaran di SMAN 2 Boyolali. Karena hastha laku adalah karakter baik yang sudah melekat, maka melalui Sekolah Adipangastuti pendidikan dijalankan dengan bersinergi,” ujarnya.

Sementara itu, acara virtual itu dihadiri jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah (Jateng), DPRD Jateng, konsultan program, mitra, sekolah, dan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Terbelit Kasus Suap, Berapa Harta Azis Syamsuddin?

Politikus Golkar itu juga tercatat memiliki cukup banyak koleksi kendaraan bermotor.

Alex dan Azis, Dua Batu Sandungan Partai Golkar Menuju 2024

Alex Noordin dan Azis Syamsuddin telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus dugaan korupsi yang berbeda.

Resmi! Eks Mensos Juliari Batubara Jadi Penghuni LP Tangerang.

Bila harta Juliari tidak mencukupi, maka akan diganti dengan pidana penjara selama 2 tahun.

Dari Teman, Kini SBY dan Yusril Saling Berhadapan

Yusril berpendapat jangan ada partai yang dibentuk dan dikelola 'suka-suka' oleh para pendiri atau tokoh-tokoh penting yang dilegitimasi oleh AD/ART.

Sebelum Azis, 2 Pimpinan DPR Ini Lebih Dulu Jadi Pesakitan. Siapa Mereka?

Setya Novanto sempat mundur sebagai Ketua DPR pada Desember 2015.

Tuhan Tidak Tidur, Benarkah Azis Syamsuddin Tersangka?

Ketua KPK Firli Bahuri menunggu kedatangan Azis Syamsuddin pada Jumat (24/9/2021) besok.

Indahnya Musim Gugur di UNS Solo, Bikin Kangen Deh

Musim gugur di UNS Solo tiba yang ditandai dengan bunga angsana berguguran di kawasan danau setempat.

Kronologi Detail OTT Bupati Kolaka Timur yang Tersandung Suap Rp250 Juta

Kronologi detail konspirasi Bupati Kolaka Timur, Andi Merya Nur, untuk berbuat curang dalam sejumlah proyek bersumber dana bantuan BNPB diungkap KPK.

Profil Bupati 99 Hari Andi Merya Nur yang Terjaring OTT KPK

Perempuan 37 tahun, Andi Merya Nur, terjaring OTT KPK saat baru 99 hari menjabat Bupati Kolaka Timur.

Mendagri Perintahkan PPKM Level 3, Kota di Jatim ini Pilih Level 2

Pemerintah Kota Blitar lebih memilih mengikuti hasil asesmen Kemenkes yang menyebut wilayah mereka masuk kategori PPKM Level 2 ketimbang Instruksi Mendagri yang menyebut PPKM level 3.

SMA Batik 1 Solo Raih Sekolah Favorit di H3ystar Virtual Festival

SMA Batik 1 Solo terpilih sebagai pemenang sekolah favorit di ajang H3ystar Virtual Festival yang diadakan oleh 3 Indonesia.

Sentil Masih Adanya Politisasi Vaksin, Ini Isi Pidato Jokowi di Sidang Umum PBB

Selain menyentil masih adanya politisasi dan diskriminasi distribusi vaksin Covid-19, Presiden Jokowi juga menyebut perlu adanya kerja sama antarnegara untuk memulihkan ekonomi.

Round Up: Dari Luhut Gerah Difitnah Hingga Bupati Kolaka Timur di-OTT KPK

Kemarin, Luhut Binsar Pandjaitan melaporkan Haris Azhar dan Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tudingan fitnah dan pencemaran nama baik. Selain itu, ada pula OTT KPK terhadap Bupati Kolaka Timur.

Pandemi Covid-19 Diklaim Terkendali, Pemerintah Beberkan Buktinya

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan membeberkan bukti pandemi Covid-19 di Indonesia telah terkendali.

Solopos Hari Ini: Klaster-Klaster PTM Bermunculan

Sesuai prediksi, pelaksanaan PTM bakal menimbulkan klaster baru dengan korban para siswa jika tak hati-hati. Dan itu terjadi.

10 Berita Terpopuler : Desain Unik Tol Solo-Jogja di Klaten - Jadwal Liga 2 Persis Solo

Ulasan tentang desain unik tol Solo-Jogja hingga jadwal Persis Solo di Liga 2 masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.