SOLOPOS.COM - Pelabuhan Manado (Foto: JIBI/Bisnis)

Pelabuhan Manado (Foto: JIBI/Bisnis)

MAKASSAR–Putra almarhum mantan Presiden RI Soeharto Hutomo (Tommy) Mandala Putra dan Sampoerna Group diketahui berminat atas kawasan pelabuhan Manado untuk dikembangkan menjadi Marina Bay, yang investasinya ditaksir Rp1 triliun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain Tommy dan Sampoerna Group, ada dua investor lainnya yang juga mengincar lahan seluas 2,5 hektare masing-masing satu lokal dan satu lainnya dari Belanda.

Ekspedisi Mudik 2024

Beberapa waktu lalu, pihak Tommy Soeharto sudah bertemu dengan pihaknya di Jakarta, dan membicarakan soal rencana investasi lebih lanjut. “Kelihatannya pihak Group Tommy Soeharto tertarik, dan tinggal menunggu dari kami, terutama terkait legal aspek dan bagaimana bentuk kerja sama yang kami tawarkan nanti,” ungkap General Manager PT Pelindo Cabang Pelabuhan Manado John Lapod di Makassar, Senin (10/9/2012).

Dia mengatakan PT Pelabuhan Indonesia IV Cabang Pelabuhan Manado akan membangun kawasan Marina Bay dengan investasi yang diestimasi mencapai Rp1 triliun. Pasalnya, pelabuhan Manado tidak bisa dikembangkan menjadi pelabuhan peti kemas, sementara potensi yang ada cukup besar untuk dikembangkan menjadi tempat pariwisata.

“Oleh karena itu, upaya pengembangan yang dilakukan adalah dengan membangun kawasan Marina Bay, sejalan dengan konsep Kota Manado sebagai Kota Pariwisata. Apalagi lokasi pelabuhan dekat dengan Taman Laut Bunaken, yang sering dikunjungi wisatawan jika ke Manado,” tutur John.

Menurutnya, kalau Pelabuhan Manado tidak diubah, maka akan terus ketinggalan dan kegiatannya bisa mati. Karena saat ini kegiatan yang ada di pelabuhan itu hanya sebagai pelabuhan penumpang, dan tidak mungkin dikembangkan menjadi pelabuhan peti kemas.

Untuk tetap menghidupkan Pelabuhan Manado, dan bisa meningkatkan pendapatan, maka langkah pengembangannya adalah dengan membangun kawasan Marina Bay, mengadopsi kawasan Marina Bay yang ada di Singapura.

Agar rencana pengembangan kawasan yang akan dilengkapi berbagai fasilitas seperti hotel, convention hall, dermaga wisata, ruko, tempat kuliner, dan lain-lain berjalan lancar, pihaknya akan menggandeng investor.

Sejauh ini, secara administrasi rencana pengembangan itu sudah di kantor pusat PT Pelindo, dan sedang dibuatkan bahan untuk dipresentasikan, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan legal aspeknya. Serta bentuk kerja samanya nanti, yang akan ditawarkan kepada investor yang benar-benar berminat.

Dia menuturkan, pengembangan Pelabuhan Manado sangat didukung oleh lingkungan yang ada di sekitarnya, yaitu terletak di sekitar kawasan bisnis yang cukup berkembang di kota itu. Meski begitu dia meyakini, kehadiran Marina Bay nanti tidak akan meninggalkan atau menutup kegiatan niaga di sekitar pelabuhan yang sudah ada.

Bahkan akan dipindah menjadi satu area di kawasan Marina Bay, sehingga bisnis yang tengah dijalankan sekarang bisa lebih berkembang lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya