SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SAHABAT PETANI -- Kumbang rove atau tomcat (Paederus fuscipes) dengan warna badannya yang khas. Kumbang beracun ini sebenarnya sahabat petani karena merupakan predator wereng dan hama pertanian lainnya. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

SLEMAN—Dua warga Gamping Sleman diduga menjadi korban gigitan Tomcat. Kulit mereka melepuh mirip seperti kasus serangan Tomcat yang marak terjadi belakangan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dinas Kesehatan Sleman kini berusaha mengidentifikasi kejadian tersebut. “Dilihat dari gejala menyerupai serangan Tomcat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Sleman, Mafilindati Nuraini, Kamis (22/3).

Menurut dia, warga tidak perlu panik dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya untuk mengantisipasi munculnya Tomcat. Dinkes dalam waktu dekat akan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Tomcat.

“Saat terkena Tomcat, jangan sampai digaruk dan jangan terpapar sinar matahari langsung karena bisa membuat kulit menjadi hitam,” terangnya.

Terpisah, Camat Gamping Budiharjo membenarkan adanya informasi kasus Tomcat tersebut. Warga yang terserang telah mendapat perawatan dari Puskesmas dan saat ini dalam kondisi baik. “Petugas puskesmas sudah terjun ke lapangan, rumah warga yang terserang Tomcat tidak ditemukan apa-apa,” katanya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya