SOLOPOS.COM - Serangga yang diduga jenis Tomcat ditemukan di Tahunan, Kota Jogja seminggu terakhir. (JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

TOMCAT—Serangga yang diduga jenis Tomcat ditemukan di Tahunan, Kota Jogja seminggu terakhir. (JIBI/Harian Jogja/Pamuji Tri Nastiti)

JOGJA—Serangga yang diduga kuat jenis Tomcat ternyata banyak ditemukan di wilayah RT 48 RW 07 Kelurahan Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Jogja.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jenis serangga berwarna hitam dan merah dengan panjang kurang lebih satu sentimeter itu sudah seminggu terakhir banyak ditemukan warga sekitar. Hal itu disampaikan Marsiati, warga Tahunan, rabu (21/3).

“Serangganya banyak berkerumun di lampu, biasanya kami semprot, kalau pagi dikumpulkan bisa satu gelas,” katanya.

Marsiati menambahkan, sejak seminggu lalu dua anak dan dirinya mengalami gatal-gatal. Ketika bertemu dengannya, luka-luka melepuh yang sudah mengering nampak di kedua tangan dan kaku anaknya, Raisa, 1,5. “Sudah disalep, tapi masih terasa gatal,” lanjutnya.

Menurut dia, luka melepuh dan gatal itu bisa jadi karena ulah serangga berwarna merah hitam yang seminggu terakhir banyak ditemui di rumahnya yang terletak di pinggir sawah.

Staf Disperindagkoptan Bidang Pertanian, Dhoto Dhewandono mengatakan, serangga itu merupakan jenis pemakan hama. “Justru serangga pemakan wereng dan pemakan ulat,” katanya. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya