SOLOPOS.COM - Sri Sultan HB X saat bersilaturahmi dan syawalan dengan seluruh komponen masyarakat di Pendopo Parasamya Bantul, Kamis (28/7/2016). (Yudho Priambodo/JIBI/Harian Jogja)

Toleransi beragama di Bantul diharapkan menjadi teladan bagi daerah lain

Harianjogja.com, BANTUL- Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan HB X berharap Kabupaten Bantul bisa menjadi daerah yang memiliki nilai tolerasi yang tinggi antar umat beragama dan suku bangsa di Indonesia.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Hal tersebut disampaikan, karena Sultan menilai rasa toleransi antar umat beragama dan berbagai suku yang ada di Bangsa Indonesia saat ini semakin berkurang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Bantul bisa meredam rasa intoleransi yang ada di masyarakat dan sebaliknya harus membuat masyarakat untuk lebih menjadi pribadi yang sangat toleransi,” kata Sri Sultan HBX dalam acara Silaturahmi dan Syawalan Gubernur DIY di Pendopo Parasamya, Bantul, Kamis (28/7/2016).

Dikatakannya, Bantul yang saat ini harus mampu menjaga dan merawat dengan baik derahnya dan juga kerukunan seluruh masyarakatnya sesuai dengan Slogan Bantul selama ini yaitu Projotamansari.

Ditambah dengan kepemimpinan seorang mantan petinggi kepolisian, masyarakat Bantul seharusnya lebih mendapatkan perlindungan dan keadilan dalam setiap keputusan yang akan ditempuh oleh bupati.

“Mari kita gunanan momentum silaturahmi dan syawalan ini sebagai momen yang tepat untuk berdialog secara terbuka, tanpa memandang background agama atau apapun, untuk membuat sebuah konsep toleransi tinggi yang akan membuat DIY melalui Bantul ini bisa membangun dunia,” ujar Sultan.

Sultan menambahkan, yang tidak kalah pentingnya untuk meredam suatu kejadian yang kompleks di Bantul, Bupati sebagai abdi negara harus mampu menjadi seorang pelayan dan pengayom bagi seluruh elemen masyarakat Bantul.

“Pejabat Publik seperti bupati harus berani menyampaikan kebenaran dan mengambil sikap dalam hal ini untuk menjaga keamanan dan ketentraman masyarakat,” tegas Sultan.

Sementara itu Bupati Bantul, Suharsono dalam sambutannya mengharap kegiatan silaturahmi ini akan semakin mempererat kebersamaan dari seluruh komponen di Kabupaten Bantul.

Ia berharap dalam menjalankan tugasnya dan mengemban semua tanggung jawab sebagai abdi Negara dapat berjalan dengan lancar, sehingga upaya untuk membuat kemajuan di Bantul dapat tercapai.

“Saya juga berharap Bantul bisa menjadi sebuah wadah bagaimana nilai keagamaan, kemanusiaan, dan kebangsaan sangat dihargai di Kabupaten ini untuk terus mewujudkan kesatuan di Negara Indonesia,” ujar Suharsono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya