Tolak Kenaikan UMP DKI, Pengusaha Minta Anies Baswedan Dijatuhi Sanksi

Kalangan pengusaha menolak untuk menerapkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2022 sebesar 5,1 persen yang ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

 Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. (Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani. (Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Kalangan pengusaha menolak untuk menerapkan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta 2022 sebesar 5,1 persen yang ditetapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir pekan lalu.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan dunia usaha menyayangkan keputusan tersebut dan telah mengambil sejumlah langkah lanjutan.

PromosiMuka Tanah di Semarang Ambles 0,8-13,5 Cm/Tahun, Jadi Pemicu Banjir Rob

Pertama, meminta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk memberikan sanksi kepada kepala daerah yang telah melawan hukum regulasi ketenagakerjaan, terutama perihal pengupahan.

“Sebab, hal itu berpotensi menimbulkan iklim tidak kondusif bagi dunia usaha dan perekonomian nasional,” kata Hariyadi di kantor Apindo dalam konferensi pers, Senin (20/12/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Kemenaker Sesalkan Revisi Kenaikan UMP DKI Jakarta, Akan Beri Sanksi?

Kedua, Apindo meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian untuk memberikan pembinaan atau sanksi kepada kepala daerah, dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yang dinilai tidak memahami peraturan perundang-undangan.

Dia menambahkan, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah oleh pemerintah pusat merupakan amanat UU No.23/2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Ketiga, Apindo akan menggugat revisi tersebut ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) jika Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan benar-benar mengimplementasikan regulasi perubahan tersebut.

Keempat, pelaku usaha mengimbau seluruh perusahaan di Jakarta untuk tidak menerapkan revisi UMP DKI Jakarta 2022 sembari menunggu keputusan PTUN yang berkekuatan hukum tetap. “Namun, tetap mengikuti Kepgub DKI Jakarta No. 1395/2021 yang ditetapkan pada 19 November 2021,” ujarnya.

Baca Juga: Garuda Indonesia Batalkan Penerbangan Umrah, Ini Alasannya

Penerapan Skala Upah akan Sulit

Lebih jauh Hariyadi mengatakan Pemprov DKI Jakarta secara sepihak melakukan revisi UMP DKI Jakarta 2022 tanpa memerhatikan pendapat dunia usaha, khususnya Apindo DKI Jakarta sebagai bagian dari Dewan Pengupahan Daerah unsur pengusaha.

Dengan revisi UMP DKI Jakarta 2022 tersebut, lanjutnya, maka upaya untuk mengembalikan prinsip upah minimum sebagai jaring pengaman sosial (JPS) bagi pekerja pemula tanpa pengalaman tidak terwujud.

Selain itu, sambungnya, penerapan struktur skala upah akan sulit dilakukan karena ruang atau jarak antara upah minimum (UM) dan upah diatas UM menjadi kecil.

Sebelumnya, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta pada 2022 naik sebesar 5,1 persen menjadi Rp4,64 juta.

Baca Juga: Selamat, Inilah Pemenang Solopos Diplomat Jogja Esport Arena 2021

Anies menyampaikan berdasarkan kajian Bank Indonesia bahwa proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2022 mencapai 4,7 persen sampai dengan 5,5 persen, inflasi akan terkendali pada posisi 3 persen (2 persen-4 persen).

Institute For Development of Economics and Finance (Indef) juga memproyeksikan tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2022 sebesar 4,3 persen.

Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta memutuskan UMP wilayah DKI Jakarta tahun 2022 naik 5,1 persen atau senilai Rp 225.667 dari UMP tahun 2021.

Keputusan ini, selain mempertimbangkan sentimen positif dari kajian dan proyeksi tersebut, juga didasari kajian ulang dan pembahasan kembali bersama semua pemangku kepentingan terkait serta dengan semangat keberhati-hatian di tengah mulai berderapnya laju roda ekonomi di wilayah Jakarta.

“Dengan kenaikan Rp225.000 per bulan, maka saudara-saudara kita, para pekerja dapat menggunakannya sebagai tambahan untuk keperluan sehari-hari. Yang lebih penting adalah melalui kenaikan UMP yang layak ini, kami berharap daya beli masyarakat atau pekerja tidak turun,” ujar Gubernur Anies dalam keterangan resmi, Sabtu (18/12/2021).

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

+ PLUS Aspal Meleleh, Krisis Iklim Perburuk Gelombang Panas India-Pakistan

Gelombang panas ekstrim menghantam India dan Pakistan dengan cuaca bertemperatur tinggi hingga 50 derajat celcius yang membuat aspal meleleh dan diprediksi bakal lebih buruk akibat krisis iklim.

Berita Terkini

Kian Menjanjikan, Begini Kiat Bisnis Usaha Bunga Papan

Pernikahan adik Jokowi, yakni Idayati, dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menggerakkan ekonomi Solo termasuk bisnis bunga papan.

Kian Mahal, Ini Daftar Harga Rokok Terbaru Berdasarkan Merek

Kenaikan harga rokok tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 192/PMK.010/2021 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau Berupa Sigaret, Cerutu, Rokok Daun atau Klobot, dan Tembakau Iris.

PLN Siapkan Pengamanan Berlapis Dukung Kelancaran UTBK SBMPTN 2022

PLN pastikan keandalan listrik saat pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN 2022 di Jateng dan DIY.

Keren, Pegawai BRI Ini Harumkan Nama Bangsa di SEA Games Vietnam

Bagi Muhammad Chuwaizam atau biasa dipanggil Izam, 33, menjadi pegawai di salah satu perusahaan BUMN tidak menghalangi cita citanya untuk berprestasi

Telanjur Transfer Uang? Ini Cara Blokir Rekening Penipu

Di era digital yang marak penipuan online, mengetahui cara memblokir rekening penipu sangat penting untuk diketahui.

Antam Naik Tipis, Cek Harga Emas Pegadaian Kamis 26 Mei 2022

Pergerakan harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (25/5/2022) ini terpantau turun untuk cetakan UBS dan naik untuk cetakan Antam.

Hindari Klaim Asuransi Gagal Bayar, Ini Rahasia BRI Life

PT Asuransi BRI Life memiliki strategi khusus dalam mengantisipasi potensi klaim asuransi gagal bayar.

Tidak Sulit, Begini 3 Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Bukan hanya pihak berwenang, cara cek rekening penipu secara online juga bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja.

Pernikahan Adik Jokowi Kerek Okupansi, Anwar Usman Nginap di Hotel Ini

Momen pernikahan adik Presiden Jokowi, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi mampu mendongkrak okupansi hotel-hotel di Kota Solo.

Semen Gresik Sukses Kampanye Zero Gratification pada Idulfitri 1443 H

Kampanye zero gratification sukses dilaksanakan, PT Semen Gresik (PTSG) mencatat nihil gratifikasi selama Idulfitri 1443 H.

Hadiri WEF 2022, Dirut BRI Tegaskan Komitmen Dorong Inklusi Keuangan & ESG

Topik yang menjadi bahasan utama dalam WEF 2022 di antaranya adalah globalisasi, digitalisasi, implementasi ESG Global, serta inklusi keuangan.

Kurs Rupiah Ditutup Menguat Rp14.617,5 per Dolar AS, Rabu (25/5/2022)

Melemahnya dolar telah berhenti baru-baru ini karena kemungkinan Federal Reserve mempercepat misi kenaikan suku bunganya pada akhir tahun.

Subsidi Minyak Goreng Dicabut, Inflasi Mengintai

Ekonom Institute of Development on Economics and Finance (Indef) Esther Sri Astuti mengatakan harga minyak goreng seharusnya kembali ke normal, yaitu di kisaran Rp10.000 hingga Rp15.000 per liter.

Jokowi Optimistis Harga Minyak Goreng Rp14.000 Per Liter Pekan Depan

Pemerintah, menurut Jokowi, sudah menemukan titik terang penyebab sekaligus solusi atas mahalnya harga minyak goreng.

Kartu Prakerja Gelombang 30 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya

Lewat akun Instagram @prakerja.go.id, pendaftaran program kartu prakerja gelombang 30 diumumkan telah dibuka pada Sabtu (21/5/2022).

Peran Mantri BRI Perkuat Financial Advisory dan Perekonomian Desa

Selaku tenaga pemasar, Mantri BRI mengidentifikasi wilayah bisnis sebagai suatu ekosistem.