SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Sedikitnya 15 mahasiswa dari Front Aksi Mahasiswa Universitas Indonesia berunjuk rasa menolak kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Mahasiswa membakar bendera AS.

Aksi ini digelar tepat di depan Stasiun Kereta Api (KA) UI, Depok, Jawa Barat, Senin (8/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mahasiswa yang mengenakan jaket almamater warna kuning menggelar aksi teatrikal. Seorang mahasiswa tidur dan ditutupi bendera AS. Bendera itu ditarik lalu dibakar oleh rekan-rekannya.

“Pemerintah Indonesia seolah-olah mati karena selalu tunduk pada kebijakan Amerika,” kata seorang orator.

Mahasiswa menyanyikan lagu Indonesia Raya saat api membakar bendera AS itu. Mahasiswa selanjutnya bergerak menuju Stasiun UI.

Mereka mencorat-coret lantai di stasiun UI dengan tulisan “Tolak kedatangan Obama”, dan “Harga mati. Tolak Amerika Serikat.”

Mahasiswa menuntut agar Pemerintah Indonesia memutus hubungan luar negeri dengan Amerika Serikat, dan meninjau ulang kontrak-kontrak karya pertambangan Amerika. Puas beraksi, mahasiswa lalu membubarkan diri. Tidak ada aparat Kepolisian yang berjaga-jaga.

dtc/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya