SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo [SPFM], Ribuan burung pipit Senin (30,1) dilepas ke udara, dalam ritual Tolak Bala di Klentheng Poo An Kiong, Coyudan Solo. Pada acara ini yang biasa disebut dengan Pao Oen ini, ribuan ekor ikan juga dipelaskan ke air. Ritual Pao Oen merupakan rangkaian perayaan tahun baru Vina atau Imlek, di kota Solo. Pengamat Budaya Tionghoa Aryanto Wong di sela-sela acara menjelaskan, ritual tolak bala ini sebelumnya diawali dengan doa bersama, berisi permohonan pengampunan dosa. Upacara ini dilakukan saat Imlek, sebagai harapan agar mereka mendapatkan jalan terang, dan kebaikan sepanjang tahun ini. Aryanto mengungkapkan, pelepasan makhul hidup, yaitu burung dan ikan ini merupakan puncak dari acara Pao Oen. Sejumlah pendeta Budha memimpin ritual ini, dan diikuti oleh masyarakat Tionghoa.

Lebih lanjut Aryanto mengungkapkan, puncak rangkaian Imlek akan berlangsung pada 5 Februari mendatang, dengan penyelenggaraan Cap Go Meh. Pada perayaan ini, sejumlah Ling dan Barongsay akan berkeliling kota Solo, sebagai ritual pembersihan energi negatif. Barongsay dalam kepercayaan Tionghoa, dipercaya sebagai penolah bala, dan pengusir energi negatif, dan Liong yang mengikutinya, dipercaya sebagai symbol perlindungan. [SPFM/lia]

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Ekspedisi Mudik 2024
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya