SOLOPOS.COM - Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis Indonesia)

Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa (Wahyu Darmawan/JIBI/Bisnis Indonesia)

JAKARTA–Menteri Pekerjaan Umum (Menteri PU) Djoko Kirmanto pesimistis seluruh ruas jalan Tol Trans-Jawa bisa beroperasi hingga 2014, sesuai target pemerintah. Hingga saat ini masih ada beberapa ruas terkendala pengadaan tanah.

Promosi Safari Ramadan BUMN 2024 di Jateng dan Sulsel, BRI Gelar Pasar Murah

Diperkirakan akan hanya ada 6 dari 9 proyek Tol Trans Jawa dapat beroperasi sesuai dengan target. Keenam ruas tol tersebut yaitu Cikampek-Palimanan, Semarang-Solo, Solo-Ngawi. Ngawi-Kertosono. Kertosono-Mojokerto, dan Mojokerto-Surabaya. Sementara itu tiga ruas lainnya yakni Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang diperkirakan mundur hingga 2015.

Ekspedisi Mudik 2024

Djoko menyebutkan ruas tol yang dapat menghubungkan jalut Trans Jawa ini sulit terealisasi karena kendala tanah. Misalnya rencana tol Semarang-Batang-Cirebon sulit selesai sesuai dengan target.

“Kalau yang Semarang-Batang-Cirebon memang agak sulit, jadi saya ya sudah lah. Agak pesimis. Itu karena masalah tanah juga,” ungkap Djoko saat ditemui di Kantor Kementerian Perekonomian, Selasa (4/8/2012).

Selain itu, ruas tol Trans Jawa yang lain yaitu Kertosono-Mojokerto pun menurut Djoko masih terkendala proses pembebasan tanah yang tersendat-sendat.

“Mojokerto-Kertosono sekarang jalan, masalahnya tanah juga, duitnya ada, bangunnya semangat tapi pembebasan tanahnya agak tersendat-sendat,” jelasnya.

Sementara untuk ruas tol yang lain, Djoko mengatakan akan berjalan sesuai target, seperti contohnya untuk rusa tol Kertosono-Ngawi-Solo.

Ia mengatakan, bulan Desember nanti pihak swasta yaitu Thiess akan mulai mengerjakan proses konstruksi proyek ruas tol ini.

“Kertosono Ngawi Solo sebagian dikerjakan oleh pemerintah, kemarin sudah undang Thiess dan sudah tender konstruksinya, dia berjanji Desember antara Solo Ngawi yang sudah kita kerjakan, asing juga akan mengerjakan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya