SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol (JIBI/Bisnis Indonesia)

Solopos.com, SOLO -- Selama ini kebanyakan orang mungkin hanya memberi perhatian kepada tol terpanjang di Indonesia yang mencapai ratusan kilometer. Padahal, ada pula ruas tol terpendek di Indonesia yang hanya memiliki panjang beberapa kilometer saja.

Berikut sejumlah ruas tol terpanjang dan terpendek di Indonesia yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, beberapa waktu lalu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tol Terpeka

Menyandang sebagai tol terpanjang di Indonesia, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) ini hanya dibangun dalam waktu 841 hari atau kurang lebih 23 bulan. Artinya rata-rata, setiap bulan pembangunan jalan tol mencapai 8 km.

Hal ini pula menjadikan Tol Terpeka mendapatkan rekor Muri sebagai tol terpanjang dengan durasi pengerjaan tercepat. Tol ini bagian dari tol Trans-Sumatra yang diharapkan bisa menyambung dari Lampung-Aceh sepanjang lebih dari 2.000 km.

Ternyata Ini Foto Asli Soeharto Naik Nmax 

Presiden Jokowi menyatakan jalan tol ini memiliki arti yang besar antara lain penciptaan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru, menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, memberikan fasilitas kepada produksi, seperti komoditas karet, sawit, dan lainnya.

Tol Bakter

Tol Bakauheni–Terbanggi Besar (Bakter) ini menyambung dengan Tol Terpeka. Ruas ini memiliki panjang 140,94 km sehingga menjadfi jalan tol terpanjang di Indonesia nomor dua.

Pembangunan jalan tol ini menghabiskan dana Rp16,7 triliun. Jalan tol ini resmi dimulai pembangunannya pada 30 April 2015 dan diresmikan penggunaannya secara penuh pada 8 Maret 2019 oleh Presiden Joko Widodo.

Joko Widodo Nikah Lagi

Proyek jalan tol di Sumatra awalnya tidak diminati investor. Hal ini menjadikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan perpres yang menugaskan PT Hutama Karya menggarap 4 ruas tol di Sumatra.

Perpres itu kemudian direvisi Presiden Jokowi dengan menambah penugasan kepada PT Hutama Karya sehingga menjadi total 24 ruas tol di Sumatra.

Tol Cipali

Selama sekitar 4 tahun (2015-2019) menyandang status sebagai tol terpanjang di Indonesia, tol Cikopo-Palimanan (Cipali) tergeser di urutan ketiga setelah tol Bakter dan Terpeka diresmikan.

Tol Cipali memiliki panjang 116,75 km ini bagian dari Tol Trans-Jawa yang menyambung dengan tol Jakarta-Cikampek. Pembangunan tol ini dimulai pada 8 Desember 2011 dan diresmikan pada 13 Juni 2015.

Penumpang MV Colombus Tumpah di Semarang saat Wabah Corona

Tol ini melintasi beberapa kabupaten di Jawa Barat mulai dari Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Awalnya tol ini diberi nama Cikampek-Palimanan, namun akhirnya diubah menjadi Cikopo-Palimanan (Cipali).

Kala itu, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi memprotes penamaan tol Cikampek-Palimanan karena ujung ruas jalan tol itu berada di Cikopo, Kabupaten Purwakarta, bukannya di Cikampek yang masuk Kabupaten Karawang.

Tol Cijago

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, tol Cinere-Jagorawi atau Cijago hanya memiliki panjang 3,5 km. Berdasarkan data itu, tol Cijago menjadi ruas tol terpendek di Indonesia.

Jalan tol ini diresmikan 27 Januari 2012 lalu. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2. Pada September 2019, Tol Cijago Seksi II yang menghubungkan Raya Bogor-Kukusan beroperasi.

Seluruh Sekolah di Jateng Libur Dua Pekan, Tunggu Update Corona

Seksi II dari tol ini juga tidak terlalu panjang yaitu hanya sekitar 5,5 km. Pada awal pengoperasiannya, tol Cijago Seksi II ini digratiskan. Pembukaan seksi II itu diharapkan bisa semakin mengurai kemacetan di Jl. Margonda dan Jl. Juanda.

Tol Depok-Antasari I

Tol Depok-Antasari (Desari) merupakan tol penghubung Jakarta dengan Depok. Saat ini baru ruas tol Depok-Antasari Seksi 1 yang beroperasi yaitu sepanjang 5,8 km.

Tol ini diresmikan pada 27 September 2018 dan dikelola PT Citra Waspphutowa. Setelah dioperasikan penuh, tol ini diprediksi akan mengurangi kepadatan di Jalan Tol Jagorawi.

Kenali Gejala Virus Corona, Apa Bedanya dengan Influenza?

Pada 2021, tol ini akan diteruskan menuju Bogor, tepatnya di Jalan Tol Lingkar Luar Bogor dan Jalan Tol Dramaga-Bocimi.



Itulah gambaran tentang tol terpanjang dan terpendek di Indonesia. Bukan tidak mungkin, ke depan rekor tol terpanjang dan terpendek akan berubah karena sejumlah ruas tol masih dalam proses pembangunan dan persiapan pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya