Bupati Banyumas Achmad Husein memberi keterangan pers terkait rencana pembangunan jalan tol Tegal-Cilacap di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2019). (Antara-Sumarwoto)

Solopos.com, PURWOKERTO — Rencana pembangunan jalan tol Tegal-Cilacap diharapkan Bupati Banyumas Achmad Husein mendongkrak investasi di wilayah yang ia pimpin.

"Insya Allah pengangguran nanti akan makin berkurang karena akan banyak investasi yang masuk di Banyumas," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (13/12/2019).

Bupati mengatakan hal itu kepada wartawan terkait dengan video rencana pembangunan jalan tol Tegal-Banyumas dari akun Youtube Info Pagi yang dia unggah ke akun Instagram ir_achmadhusein.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti kapan jalan tol Tegal-Cilacap tersebut akan dibangun karena saat sekarang masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study) yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaa Umum dan Perumahan Rakyat.

"Baru FS [feasibility study]. Detail desainnya itu per segmen. Jadi, kan di antara Tegal dan Cilacap itu tidak seluruhnya feasible. Kalau ditotalkan, tidak feasible karena ada daerah yang ramai, sepi, nanti diambil per segmen," jelasnya.

Dia mengharapkan jika rencana pembangunan jalan tol Tegal-Cilacap terealisasi, ada pintu keluar tol (exit tol) di wilayah Kabupaten Banyumas. "Yang pasti lewat di Banyumas dan pasti harus ada [exit tol] di Banyumas," katanya.

Rencana pembangunan jalan tol Tegal-Cilacap kembali ramai dibicarakan di Banyumas setelah akun Youtube Info Pagi mengunggah video terkait dengan rencana tersebut pada tanggal 4 November 2019. Video itu selanjutnya diunggah Bupati Banyumas Achmad Husein di akun Instagramnya, ir_achmadhusein.

Seperti yang diwartakan Kantor Berita Antara pada tanggal 28 Januari 2018, Bupati Banyumas Achmad Husein mengusulkan pembangunan jalan tol dari Pejagan di Kabupaten Brebes, menuju Wangon di Kabupaten Banyumas, atau jalan tol Tegal-Cilacap segera ditenderkan sehingga proyek tersebut dapat secepatnya terealisasi.

Signifikansi jalan tol itu didesak kondisi ruas jalan Ajibarang-Brebes yang sudah tidak mampu menampung volume kendaraan yang cukup tinggi. Selain itu, rencana jalan tol Tegal-Cilacap juga diungkapkan oleh calon Presiden Joko Widodo saat kampanye di Gelanggang Olahraga Satria, Purwokerto, 4 April 2019 silam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten