SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Perwakilan BI Solo, Bandoe Widiarto (empat dari kiri), Direktur Utama PT Solo Ngawi Jaya (SNJ), David Wijayanto (tengah) bersama perwakilan bank se-Soloraya menunjukkan kartu pembayaran tol secara elektronik (e-Toll) di pintu tol Klodran, Colomadu, Karanganyar, Minggu (1/10/2017). (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Tol Solo-Ngawi tak lama lagi akan segera dioperasikan. Sederet manfaat jalan tol ini tak perlu diragukan.

Solopos.com, SOLO — Pembayaran jalan tol menggunakan sistem nontunai atau uang elektronik (unik) ampuh menyingkat waktu. Pembayaran menggunakan sistem tunai bisa memakan waktu 10 detik, sementara jika menggunakan nontunai atau uang elektronik hanya memerlukan waktu dua setengah hingga tiga detik, sehingga lebih cepat tiga atau empat kali dibanding pembayaran tunai.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

PT Solo Ngawi Jaya (SNJ) selaku pemegang konsesi jalan tol Solo-Ngawi berkomitmen menerapkan sistem pembayaran nontunai atau menggunakan uang elektronik (unik) untuk ongkos melintasi jalan tol sepanjang 90,25 km ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menghilangkan antrean di gerbang tol dan mengganti dengan aplikasi-aplikasi sensorik yang langsung terhubung dengan akun di bank.

Arahan Presiden ini ditindaklanjuti dengan keluarnya Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 16/PRT/M/2017 tentang Penggunaan Transaksi Tol Nontunai di Jalan Tol yang berlaku secara penuh mulai 31 Oktober dengan menggunakan uang elektronik.

Sistem Pembayaran Tol Solo-Ngawi

Menggunakan pembayaran elektronik dengan sistem tertutup. Dengan sistem ini, pengguna hanya membayar sesuai jarak yang dilalui.

Sistem Transaksi Tol Tertutup

  1. Gerbang Tol Otomatis (Masuk)–Siapkan Uang Elektronik—Tempelkan uang elektronik ke mesin—palang terbuka—masuk tol
  2. Gerbang Tol Otomatis (keluar)–Siapkan Uang Elektronik—Tempelkan uang elektronik ke mesin—palang terbuka—Tinggalkan gerbang tol

Tempat Pembelian dan Isi Ulang Uang Elektronik

  • Beli dan isi ulang di bank/toko ritel modern
  • Isi ulang di mesin ATM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya