SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SRAGEN — Saluran irigasi di 10 desa akan terpotong pembangunan jalan tol Solo-Mantingan. Saluran irigasi tersebut sebagian besar berasal dari areal irigasi Colo Timur.

Data yang dihimpun Solopos.com dari Badan Perencanaan Daerah (BAPPEDA) Sragen,  10 desa itu antara lain Desa Karangmalang, Desa Jati, Desa Krikilan (Kecamatan Masaran), Desa Bandung, Desa Kebonromo, Desa Karangudi (Kecamatan Ngrampal), Desa Bumiaji (Kecamatan Gondang), Desa Banyurip, Desa Gringgingan, Desa Toyogo (Kecamatan Sambungmacan). Sementara luas sawah yang terkena dampak terpotongnya irigasi seluas 300 hektare. Jumlah tersebut sudah digabung dengan sawah terdampak jalan tol di Kabupaten Karanganyar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ditemui beberapa waktu lalu, Kepala Seksi (Kasi) Rehabilitasi Pengelolaan Lahan Dinas Pertanian (Dispertan) Sragen, Sudadi, mengatakan ada tujuh kecamatan di Sragen yang masuk dalam areal irigasi Colo Timur. Luas sawah yang dialiri irigasi dari Colo Timur 9.717 hektare. Luas sawah akan berkurang akibat pembangunan ruas jalan tol Solo-Mantingan. Namun, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah pengurangan. Menurutnya, meski ada pengurangan, pihaknya berkomitmen tetap mempertahankan luas sawah sebanyak 9.717 hektare. Caranya, lanjut dia, diganti dengan lahan sawah lain yang masih bisa dijangkau areal irigasi Colo Timur.

Sementara itu, Kepala Bappeda Sragen, Simon Nugroho, saat ditemui Solopos.comdi ruang kerjanya, Rabu (6/2/2013), memastikan pembangunan ruas jalan tol Solo-Mantingan yang melewati Sragen dilakukan tahun ini. Waktu permulaan pembangunan, ujarnya, belum ditetapkan karena pihaknya belum mendapat laporan dari satuan kerja (satker) jalan tol.

Selain sawah, ada 18 desa di lima kecamatan yang akan dilewati ruas jalan tol Solo-Mantingan. Desa tersebut adalah Desa Karangmalang, Desa Jati, Desa Pringanom, Desa Krikilan (Kecamatan Masaran), Desa Purwosuman, Desa Duyungan, Desa Jetak, Desa Singopadu, Desa Pandak (Kecamatan Sidoharjo), Desa Karangtengah, Desa Tangkil (Kecamatan Sragen), Desa Kebonromo, Desa Bandung (Kecamatan Ngrampal), Desa Bumiaji (Kecamatan Gondang), Desa Banyurip, Desa Gringgingan, Desa Karanganyar, dan Desa Toyogo (Kecamatan Sambungmacan).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya