SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan tol Solo-Kertosono (JIBI/Solopos/Dok.)

Tol Solo-Kertosono, Satker tol Soker akan membuka jalan tol Soker ruas Ngemplak Boyolali selama Lebaran.

Solopos.com, BOYOLALI–Pelaksana pembangunan jalan tol Solo-Kertosono (Soker) akan mengoperasikan sementara jalan tol di wilayah Ngemplak pada saat arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal itu dilakukan sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Satuan Kerja (Satker) Tol Soker, Aidil Fiqri, mengatakan sejak perencanaan awal pembangunan tol Soker tahun ini rencanya dibuka untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Pembukaan jalan tol soker pertama kali itu sifatnya sementara dan jalan yang dilalui kendaraan nanti hanya diberlakukan searah.

“Masih terdapat belasan tanah yang dilalui tol Soker belum dibebaskan sampai sekarang. Pengoperasian tol Soker diberlakukan searah terlebih dulu demi kelancaran jalan,” ujar Aidil kepada wartawan, Senin (21/3/2016).

Aidil mengatakan pemudik yang nanti melintasi tol Soker jangan heran dan terganggu ketika melihat sawah di tengah-tengah jalan tol. Pemandangan seperti ini terjadi karena pemilik lahan belum menyetujui besaran nilai ganti rugi yang diberikan. Sementara pelaksana pembangunan tol Soker ditarget harus segera menyelesaikan proyek.

“Kami terpaksa harus meninggalkan lahan milik warga yang belum dibebaskan. Ketika nanti tanah sudah dibebaskan tinggal meratakannya dengan tanah,” kata dia.

Ia mengatakan rakayasa lalu lintas akan diberlakukan ketika tol Soker mulai dibuka pada lebaran tahun ini. Rakayasa lalu lintas akan lebih diutamakan pada lokasi jalan tol Soker yang terdapat bidang tanah belum dibebaskan.

“Kami akan berkoordinasi dengan pelaksana pembangunan tol Soker untuk mempersiapkan pemasangan rambu lalu lintas dalam waktu dekat,” kata dia.

Aidil mengatakan proses pengerjaan tol Soker saat ini terus dikebut mulai dari pemadatan tanah, pemasangan besi pemancang jalan, pemasangan pagar keliling, dan lainnya. Khusus jalan tol yang sudah jadi akan lebih mengutamakan pembuatan jalan masuk dan keluar kendaraan di tol. Jalan keluar masuk tol saat lebaran akan disiapkan lewat Ngesrep, Mangu atau Sawahan

“Kami berharap pengoperasian tol Soker pada lebaran tahun ini bisa mengurai kemacetan di jalur utama Kartasura, Sukoharjo-Colomadu, Karanganyar,” ujar dia.

Sementara itu, Panitia Pembuat Komitmen (PPK) Tol Soker, Waligi, mengatakan masih banyaknya lahan yang belum dibebaskan menjadi kendala utama dalam menyelesaikan pembangunan tol Soker. Segala upaya sudah dilakukan dengan mengajak warga bermusyawarah. Namun, jika masih mentok ganti rugi tanah diselesaikan di pengadilan.

“Kami sudah siap jika nanti jalan tol Soker akan diperasikan pada lebaran tahun ini,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya