SOLOPOS.COM - Ilustrasi tol (JIBI/Solopos TV)

Tol Solo-Kertosono, empat interchange yang akan dibangun di Karanganyar dinilai sangat menguntungkan warga.

Solopos.com, KARANGANYAR — Empat interchange akan dibangun di tol Solo-Kertosono (Soker) wilayah Kabupaten Karanganyar, yakni di Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keberadaan empat jalur keluar dan masuk tol Soker itu dinilai akan sangat menguntungkan warga di sekitarnya. Interchange tol Soker akan merangsang geliat ekonomi warga.

Pendapat tersebut disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karanganyar, Sundoro, saat diwawancarai wartawan di Rumdin Bupati Karanganyar. “Kita [Karanganyar] dapat tiga atau empat interchange jalan tol Soker, di Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat. Ini sangat menguntungkan,” ujar dia, belum lama ini.

Sundoro menjelaskan tren kemajuan suatu wilayah tidak bisa lepas dari aksesibilitas terhadap jalur lalu lintas. Karena itulah keberadaan interchange tol Soker sangat menguntungkan warga.

Menurut dia, rencana pembangunan interchange tol Soker sudah diakomodasi dalam draf revisi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Karanganyar. “Proses perubahan Perda RTRW dilakukan untuk menyesuaikan dengan kondisi riil di lapangan dan perkembangan yang akan terjadi, seperti tol Soker dan infrastruktur lain,” kata dia.

Wilayah Colomadu, Gondangrejo, dan Kebakkramat, menurut Sundoro, merupakan kawasan industri. Dia optimistis investasi akan kian ramai bila interchange sudah bisa digunakan.

Sedangkan untuk daerah yang belum terdampak perkembangan terkini, menurut Sundoro, tetap diakomodasi. Dia mencontohkan kawasan Jumantono, Jumapolo, Jatipuro, dan Jatiyoso.

Merujuk draf perubahan Perda RTRW kawasan tersebut diperuntukkan usaha peternakan dan industri kecil menengah. “Namanya investasi kan disesuaikan dengan kondisi lahan,” tutur dia.

Sementara untuk kawasan rawan bencana alam di lereng Gunung Lawu, Sundoro menyatakan hanya bisa dilakukan sosialisasi antisipasi bencana alam kepada masyarakat setempat. “Karena bencana itu kan dipicu perilaku masyarakat sendiri. Mereka buat bangunan, tanam sayur, di lereng-lereng. Kami bisanya ya sosialisasi terus menerus ke warga,” tambah dia.

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Tol Soker, Waligi, saat dihubungi Solopos.com, Senin, mengatakan interchange yang akan dibuat di Karanganyar berada di empat lokasi. Lokasi tersebut yaitu Desa Ngasem dan Klodran (Colomadu), Wonorejo (Gondangrejo), serta Kemiri (Kebakkramat). Interchange di Ngasem, Klodran, dan Kemiri, sudah dalam proses pembangunan.

Hanya, dia menyatakan tiga jalur interchange tersebut belum selesai sepenuhnya. Sedangkan interchange di Wonorejo, Gondangrejo, sedang dalam tahap pembebasan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya