SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Petugas pengukuran jalan tol Solo-Jogja merampungkan pekerjaannya di Kranggan, Polanharjo, Klaten, Kamis (6/8/2020). (Solopos.com-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Jalan tol Solo-Jogja bakal dilengkapi jalur khusus sepeda. Hal itu menjadi usulan Pemkab Klaten melalui Bupati Klaten, Sri Mulyani ke pengembang jalan tol Solo-Jogja beberapa waktu lalu.

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin, mengatakan jalur khusus sepeda bakal dibuat di sepanjang jalan tol Solo-Jogja. Amin berharap jalur khusus sepeda itu bisa dibuat di sepanjang ruas jalan tol Solo-Jogja seksi 1 antara Kartasura-Purwomartani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Minimal yang di Jawa Tengah mulai dari Karanganyar-Boyolali-Klaten. Tetapi kami berharap bisa sampai ke Purwomartani [Sleman, DIY],” jelas dia, Senin (11/7/2022).

Amin menjelaskan panjang jalan tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Purwomartani sekitar 42 km. Sementara, ruas jalan tol Solo-Jogja dari Kartasura-Klaten sekitar 35 km. Jalan tol Solo-Jogja bakal menjadi jalan tol pertama setidaknya di Pulau Jawa yang dilengkapi dengan jalur khusus sepeda. Usulan itu sudah dalam pembahasan.

“Jadi itu sama badan jalan tol terpisah. Nanti jalan tol itu kan ada main road kemudian ada ruang jalan paling kiri dan di sana berupa tanah dan rerumputan. Batas paling kiri dengan [pekarangan warga] itu kan ada tembok atau pagar berduri. Dari sana nanti dikurangi sekitar lima meter untuk jalur sepeda. Jadi nanti ada dua pagar untuk membatasi dengan tanah warga dan membatasi dengan main road tol,” kata Amin.

Baca Juga: Proyek Fisik Tol Sampai Ngawen, Rest Area Manjungan Klaten Tetap Unik

Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan usulan itu disampaikan mempertimbangkan lahan yang dibebaskan cukup lebar. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo turut mendukung usulan tersebut.

Yoga menjelaskan jalur khusus sepeda di sepanjang ruas jalan tol terutama di wilayah Klaten bisa dimanfaatkan area olahraga terutama bersepeda sekaligus berwisata. Akses menuju ke jalur sepeda tersebut bisa melalui rest area.

Sebagai informasi, bakal ada dua rest area jalan tol Solo-Jogja di wilayah Klaten, yakni di Desa Manjungan, Kecamatan Ngawen serta di wilayah Desa Demakijo-Jagalan, Kecamatan Karangnongko. Akses warga masuk ke rest area diharapkan tak harus melewati ruas jalan tol Solo-Jogja.

Baca Juga: Memanas 1 Jam! Rakor Tim Pembebasan Tol-14 Warga Pepe Klaten Buntu

Rest area nanti ada pintu belakang dan dilengkapi tempat parkir. Misalkan yang mau olahraga datang bawa mobil bisa parkir di sana. Kemudian sepeda dikeluarkan dan tinggal menikmati bersepeda di jalur khusus sepeda itu,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya