SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Tol Semarang Solo kini pengerjaannya sampai pada ruas jalan tol Bawen-Salatiga.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga oleh PT Trans Marga Jateng (TMJ) belum tercapai 50%. Atas kenyataan itu, dinilai perlu dilakukan percepatan agar ruas jalur jalan bebas hambatan itu selesai sesuai target waktu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Saat ini progress pengerjaan jalan tol Bawen-Salatiga baru mencapai 47,31% tapi kami terus melakukan upaya percepatan,” kata Pimpinan Produksi PT TMJ Jateng Indriyono di Semarang, Jumat (26/8/2016). Ia menjelaskan bahwa pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga saat ini fokus pada pemadatan tanah karena kontur tanah yang belum rata.

Menurut dia, pemadatan tanah itu tidak bisa dikebut karena dipengaruhi faktor cuaca dan pemadatan hanya bisa dilakukan maksimal sampai pukul 21.00 WIB karena sering turun hujan saat malam, tapi kalau pembetonan hingga pukul 03.00 WIB. “Jika kondisi tanah sedang basah, pemadatan tidak bisa dilakukan, sedangkan beberapa hari terakhir turun hujan sehingga menghambat pengerjaan,” ujarnya.

Terkait dengan kondisi tanah di lokasi proyek tersebut, Indriyono mengaku pesimistis pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga bisa selesai sesuai target waktu. “Pengerjaan ditargetkan selesai 15 Oktober 2016 agar bisa dilakukan uji kelayakan sebelum dibuka untuk umum,” katanya.

Kendati demikian, PT TMJ akan melakukan upaya percepatan pengerjaan jalan tol Bawen-Salatiga dengan menambah alat berat dan jumlah pekerja, termasuk penambahan jam kerja. Pembangunan jalan tol Bawen-Salatiga dibagi menjadi beberapa paket pengerjaan, yakni paket Bawen-Polosiri sepanjang 3,49 km, paket Polosiri-Sidorejo sepanjang 6,8 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 4,3 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 0,8 km, paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 1,0 km, dan paket Sidorejo-Tengaran sepanjang 1,2 km.

Setelah pembangunan fisik jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga selesai, maka pekerjaan akan dilanjutkan dengan pembangunan seksi IV ruas Salatiga-Boyolali sepanjang 24,13 km dan seksi V untuk ruas Boyolali-Kartosuro sepanjang 72,64 km.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya