Tutup Iklan

Tol Semarang-Demak Mulai Agustus 2018

Tol Semarang-Demak Mulai Agustus 2018

SOLOPOS.COM - Sekda Pemprov Jateng Sri Puryono. (JIBI/Solopos/Antara/Sumarwoto)

Tol Semarang-Demak dijadwalkan pembangunannya mulai Agustus 2018.

Solopos.com, SEMARANG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengungkapkan pembangunan fisik 24 km jalan tol ruas Semarang-Demak sudah bisa dimulai Agustus 2018.

"Kami sudah menjadwalkan nanti Agustus 2018, insya Allah sudah konstruksi. Mohon doanya," katanya di sela-sela mendampingi kunjungan kerja Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Kota Semarang, Jateng, Senin (12/2/2018).

Sekda Sri Puryono mengungkapkan, tidak ada kendala yang berarti dalam persiapan pembangunan proyek jalan tol Semarang-Demak. Selain itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional juga sudah memberikan persetujuan atas tata ruangnya.

"Persetujuan dari Menteri ATR/BPN baru saja [diberikan], sekarang kami tunggu amdalnya dari pusat. Kalau itu selesai, baru proses selanjutnya," ujarnya.

Jalur jalan bebas hambatan alias tol Semarang-Demak akan dibangun di tepi laut sehingga mempunyai dua fungsi yaitu menjadi penghubung Kota Semarang dan Kabupaten Demak, serta menjadi pembendung limpasan air laut ke daratan atau rob. Anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat untuk proyek pembangunan jalur tol Semarang-Demak mencapai sekitar Rp9 triliun yang tidak hanya mencakup jalan tol, tapi juga proyek terkait.

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Demak direncanakan membutuhkan lahan seluas 1.887.000 m2 yang akan dibagi menjadi dua seksi, yakni Seksi I Kota Semarang dan Seksi II Kabupaten Demak. Seksi I Kota Semarang, meliputi Kecamatan Genuk, yang berada di sejumlah kelurahan seperti Kelurahan Trimulyo, Terboyo Wetan, dan Terboyo Kulon. Sementara itu, untuk Seksi II Kabupaten Demak akan melintasi empat kecamatan, yakni Kecamatan Sayung, Karangtengah, Wonosalam, dan Demak Kota dengan total panjang jalan tol diperkirakan mencapai 24 km.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasien Sembuh Covid-19 Jateng Tambah 1.038 Orang

Dinas Kesehatan Jateng mencatat jumlah pasien Covid-19 yang sembuh telah mencapai 191.351 orang, atau bertambah 1.038 pasien sembuh.

Inggris Tundukkan Kroasia, Southgate Puas Penampilan Gemilang Sterling

Pelatih Timnnas Inggris, Gareth Southgate mengaku puas atas keberhasilan Raheem Sterling membayar lunas kepercayaannya.

Bambang Pacul Buka Rakerda PDIP Jateng di Semarang

DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah menggelar rapat kerja daerah. Rakerda itu digelar DPD PDIP Jateng di Panti Marhaen, Semarang.

Christian Eriksen Terancam Pensiun Dini

Bintang Timnas Denmark, Christian Eriksen, melewati masa kritis setelah pingsan di laga pembuka Euro 2020 kontra Finlandia di Stadion Parken.

Hasil Euro 2020: Lima Gol Tercipta di Babak Kedua, Belanda Menang Dramatis Atas Ukraina

Belanda memastikan sebagai pemenang pertandingan Grup C Euro 2020 melawan Ukraina dengan skor 3-2 di Johan Cruyff Arena, Amsterdam.

Begini Reaksi Gubernur Jateng atas Rencana PPN Sembako

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo angkat bicara terkait kabar yang menyatakan pemerintah berencana menerapkan PPN sembako.

Malaysia Batal Dapat Tambahan Kuota Haji

Keputusan Arab Saudi menutup kuota ibadah haji 2021 untuk jemaah luar negeri mematahkan rencana keberangkatan jemaah Malaysia.

Christian Eriksen Bukan Atlet Pertama Kolaps di Lapangan

Gelandang Denmark Christian Eriksen secara mengejutkan kolaps atau jatuh pingsan saat laga pembuka Grup B Euro 2020 melawan Finlandia.

Gubernur Jateng Minta Kudus Optimalkan Tempat Isolasi

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta Pemkab Kudus mengoptimalkan tempat isolasi terpusat berkapasitas 779 orang yang sudah tersedia.

34% Warga Jakarta Ragukan Vaksin Covid-19

Lapor Caovid-19 menemukan 34% masyarakat Jakarta ragu kemanjuran vaksin Covid-19 yang tengah divaksinasikan saat ini.

Ini Analisis Medis Christian Eriksen Kolaps Saat Pertandingan

Tidak sedikit kejadian atlet pingsan saat bertanding atau bahkan saat latihan seperti yang dialami gelandang Denmark Christian Eriksen.

Ada Bang Si-Hyuk di Balik Sukses BTS

Bangtan Sonyeondan atau BTS besutan Bang Si-Hyuk menjadi fenomena yang mencuat di jagat dunia maya setelah produk BTS Meal Mc Donald's viral.