Tutup Iklan

Tol Pemalang-Batang Retak Hanya Karena Hujan

Jalur jalan tol Pemalang-Batang retak di Km. 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Retakan sepanjang 50 m yang diketahui Jumat (18/1/2019) itu diduga akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore.

Tol Pemalang-Batang Retak Hanya Karena Hujan

SOLOPOS.COM - Kendaraan melintas di ruas jalan tol Pemalang-Batang yang retak di Km. 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, Jumat (18/1/2019). (Antara-Harviyan Perdana Putra)

Solopos.com, SEMARANG — Jalur jalan tol Pemalang-Batang retak di Km. 321, Kelangdepok, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Retakan sepanjang 50 m yang diketahui Jumat (18/1/2019) itu diduga akibat longsor pada sisi selatan jalan tol dampak curah hujan yang tinggi sejak Rabu (16/1/2019) sore.

Ruas jalan tol Pemalang-Batang yang mengalami retak dan longsor fondasi penahannya segera diperbaiki oleh pihak terkait, Minggu (20/1/2019). “Besok selesai semua perbaikannya, itu kan di bahu jalan,” kata Direktur Teknik dan Operasi PT Pemalang Batang Toll Road Arman D. Panjaitan seusai Sosialisasi Pemberlakuan Tarif Tol Ruas Baru Trans Jawa dan Mekanisme Diskon Tarif di Gedung Operasional Trans Marga Jateng (TMJ) Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (19/1/2019).

Ia menjelaskan bahwa retakan sepanjang kurang lebih 30 m pada jalan tol Pemalang-Batang dan longsornya fondasi penahan tersebut akibat hujan deras selama dua hari di wilayah setempat. “[Kerusakan] itu terjadi akibat hujan lebat terus-menerus selama dua hari, kaki timbunan itu jenuh air menjadi lemah sehingga talud jalannya turun dan membawa perkerasan turun,” ujarnya.

Menurut dia, kerusakan tersebut tidak terjadi di jalan utama, melainkan pada bagian bahu jalan. “Sebetulnya kalau jalan utamanya gak apa-apa, yang terganggu bahu jalan jadi tidak mengganggu pengguna jalan, tapi pasti kita pasang rambu-rambu sehingga orang harus mengurangi kecepatan,” katanya.

Guna mengantisipasi kerusakan serupa di sejumlah ruas jalan tol, PT Pemalang Batang Toll Road akan melakukan pengawasan intensif terutama saat hujan deras. “Kita lagi awasi semuanya karena setelah hujan ini ternyata banyak pengerusan-pengerusan, badan jalan juga,” ujarnya.

Akibat retaknya ruas jalan tol Pemalang-Batang dan longsornya fondasi penahan pada KM 321, jalan aspal tol yang berada ditepi tol nampak celah berlubang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Horornya Jalan Tol KM 542 Sragen: 8 Bulan, 3 Kecelakaan, 3 Nyawa Melayang

Kecelakaan kembali terjadi di jalan tol Solo-Kertosono, tepatnya di KM 542.200 jalur A di Desa Bumiaji, Gondang, Sragen.

Layanan 5G Hadir di Solo, Pelayanan Publik Bisa 24 Jam

Peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Solo kian mendukung kota ini menjadi kota pintar atau smart city.

Terbentur Undang-Undang, Kemenag Solo Tak Keluarkan Izin Tempat Belajar Anak-Anak Perusak Makam di Mojo

Kemenag Kota Solo memastikan tidak mengeluarkan izin keberadaan kuttab atau lembaga pendidikan anak usia dini di Mojo, Pasar Kliwon.

Rumah di Pinggir Jalan Raya Bikin Pusing? Coba Tips Ini

Tanam saja tanaman perdu yang daunnya berwarna-warni. Selain bisa meredam suara berisik, adanya tanaman ini bisa memperindah rumah di pinggir jalan.

7 Rekomendasi Mobil Murah di Bawah Rp100 Juta yang Terjangkau

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan berbagai alternatif mobil murah di bawah Rp100 juta yang cocok untuk kantong Anda.

Warga Sragen Buktikan Ivermectin Ampuh Jadi Obat Covid-19, 5 Hari Mengonsumsi Langsung Negatif

Mantan Bupati Sragen, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Mantan Bupati Sragen Promosikan Ivermectin Sebagai Obat Covid-19, Terbukti Ampuh?

Bupati Sragen periode 2001-2011, Untung Wiyono, mempromosikan Ivermax 12 atau Ivermectin sebagai obat penyembuh Covid-19. Obat itu diklaim ampuh.

Kasus Kematian Covid Tanpa Komorbid Tinggi

Angka kematian pasien Covid-19 di Klaten masih tinggi. Tak hanya pasien dengan komorbid atau penyakit penyerta, pasien yang meninggal tanpa komorbid sebesar 35%.

Vaksin Bikin Tubuh Aman dari Covid-19? Cek Faktanya

Vaksin Covid-19 bukanlah satu-satunya alat yang dapat melindungi tubuh dari infeksi virus corona.

Dua Juru Parkir Liar di Kota Madiun Diringkus Polisi

Dua juru parkir liar ditangkap Polres Madiun Kota dalam pemberantasan aksi premanisme dan pungli.

Duh! Petani Tembakau di Klaten Terancam Gagal Panen Gara-Gara Cuaca Tak Menentu

Sejumlah petani tembakau di Klaten dilanda kegalauan. Cuaca yang tak menentu mengakibatkan tanaman tembakau tak tumbuh secara optimal.

Isolasi Lokal di Gedawung Baturetno Wonogiri Selesai, Warga Siraman Pakai Air Kendi

Isolasi lokal yang diterapkan di Dusun Gedawung, Desa Saradan, Kecamatan Baturetno, Wonogiri telah selesai, Selasa (22/6/2021).