SOLOPOS.COM - Inilah suasana kemacetan di Pandaan Pasuruan. (detik.com)

Tol pandaan Pasuruan dikepung kemacetan baru-baru ini. Inilah penyebannya.

Madiunpos.com, PASURUAN – Kemacetan panjang terjadi di Jalan Raya Karangjati, Pandaan, Pasuruan, pasca beroperasinya Tol Gempol-Pandaan, akibat antrean kendaraan dari arah Malang yang akan masuk tol. Pembangunan tol yang tak dibarengi pembangunan insfrastruktur pendukung menjadi penyebab kemacetan tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan di lokasi, penumpukan kendaraan terjadi di perempatan Karangjati. Penumpukan di traffict light disebabkan semua kendaraan dari arah Malang akan masuk ke tol. Sebelum adanya tol, kendaraan dari arah Malang ke Surabaya langsung masuk ke Jalan Raya By Pass Pandaan. Kondisi berbeda terjadi di jalur sebaliknya, Surabaya-Malang, yang terpantau lancar.

Ekspedisi Mudik 2024

“Beroperasinya tol memang mengurangi kemacetan di Kejapanan dan bundaran Apollo, Gempol. Namun kemacetan beralih ke Karangjati Pandaan,” kata KBO Satlantas Polres Pasuruan, AKP Iptu Sukiyanto, Selasa (16/6/2015).

Menurut Sukiyanto, kemacetan parah terjadi saat jam masuk dan pulang kerja. Saat akhir pekan, kendaraan bahkan mengular hingga Sukorejo.

“Insfrastruktrunya memang tidak memadai. Median jalan sebelum crossing ke tol terlalu dekat. Kendaraan besar juga susah berbelok,” jelas Sukiyanto.

“Idealnya dari arah Malang harus ada tiga lajur sehingga dua lajur bisa digunakan bagi kendaraan yang akan masuk tol, satu lajur untuk yang masuk By Pass,” imbuhnya.

Untuk mengurangi kemacetan semakin parah saat jam sibuk dan akhir pekan, Satlantas mengarahkan sebagian kendaraan dari arah Malang yang akan masuk tol menuju By Pass.

“Setelah masuk By Pass kendaraan bisa putar balik jika ingin tetap lewat tol,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya