SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Tol Jogja-Solo sampai saat ini belum ada pembahasan lebih detil.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah Daerah (Pemda) DIY belum ada komunikasi lebih spesifik terkait rencana pembangunan tol Bawen – Jogja. Akantetapi, kemungkinan DIY akan dimintai pertimbangan pusat terkait rute.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas PUP-ESDM DIY Rani Sjamsinarsi mengakui, DIY telah mendapatkan informasi dari pemerintah pusat terkait rencana pembangunan tol Bawen – Jogja. Meski demikian kominikasi detail terkait pembangunan tersebut belum pernah dilakukan antara pusat dengan DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

“Baru sekadar informasi saja, bahwa akan ada tol,” terang Rani yang juga penjabat Sekda DIY, Jumat (11/11/2016).

Rani menambahkan, mengingat pembangunan tol tersebut sepenuhnya dilakukan pemerintah pusat, maka segala prosesnya akan menjadi kewenangan pusat. Meski demikian, kemungkinan DIY akan dimintai pertimbangan terkait rute yang akan diambil.

“Itu pun biasanya kajian juga dilakukan pusat. Kami mungkin hanya dimintai pertimbangan saja,” ungkapnya.

Pihaknya belum mengetahui secara detail perencanaannya terutama terkait rute jalan tol tersebut. Pembangunan tol Bawen – Jogja, lanjutnya, memang menjadi program pemerintah pusat yang tengah mengulirkan pengembangan infrastruktur terutama di kawasan Jawa.

“Terutama untuk wisata. Program pembangunan tol itu sebagai kelanjutan dari beberapa titik yang sudah dibangun. Apalagi ini JJLS [jalur jalan lingkar selatan] juga sudah jadi,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya