SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X-Gubernur DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Tol Jogja – Solo Lewat Bawen

Harianjogja.com, JOGJA — Gubernur DIY mengusulkan adanya tol dari Jogja ke Solo melewati tol Bawen. Meski pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum merespon positif usulan itu, hingga saat ini belum ada pembahasan lebih spesifik terkait rencana pembangunan tol tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : TOL JOGJA SOLO : Sultan Usulkan Jalur Ini …)

Ekspedisi Mudik 2024

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan usulannya tersebut jalur tol dengan melewati sejumlah jalur alternatif. Hanya saja soal titik alternatif yang dipilih itu dimana, pihaknya belum mengetahui karena tentu butuh kajian, mengingat jika usulan itu terealisasi, lebih banyak berkaitan dengan wilayah Jawa Tengah. Tetapi, kata Sultan, salahsatu usulannya tersebut adalah, dari Jogja ke Solo dengan melewati tol Bawen, Kabupaten Semarang.

Usulan dari Jogja mengarah ke Bawen itu bukan tanpa alasan. Mengingat, kata Sultan, jalur kawasan Jogja juga sudah terlampaui penuh. Sementara jalur dari Cilacap menuju Jogja sudah dilebarkan sehingga arus dimungkinkan akan cepat menumpuk.

“Kalau dulu usulku ya [berada di] jalan alternatif itu, ya kan, tetapi alternatif kemana saya kan juga belum tahu, kan ada Semarang, Solo, karena ke Jogja juga penuh, Cilacap ke Jogja kan sudah dilebarkan sekarang. Brarti nanti terus dari Jogja ke Bawen,” ungkapnya, kepada wartawan di Kompleks Kepatihan, Senin (7/11/2016) sore.

Ditanya kemungkinan adanya pembebasan lahan di wilayah DIY, Sultan mengakui hal itu akan lebih banyak dilakukan oleh Pemda Jawa Tengah. Soal rute bisa disusun jalur yang mengarah ke Magelang, agar memberikan akses ke Borobudur. Tetapi rute bisa juga langsung ke timur dengan mengarah ke wisata kawasan Rawa Pening atau Danau Tuntang, Kabupaten Semarang.

“Magelang dan Semarang, mau mampir ke Borobudur atau digawe ngetan lewat Danau Tuntang, atau kemana saya kan enggak tahu, itu terserah Jawa Tengah, tetapi bagaimana agar ada jalur seperti Semarang Solo tetapi ini Jogja Bawen itu saja,” ucapnya.

Karena masih mentahnya rencana tersebut, Sultan belum bisa memastikan kapan rencana itu dimulai dan bisa terselesaikan. Tetapi Raja Ngayogyakarta itu memberikan sinyal pentingnya pembangunan tol untuk meningkatkan pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya