SOLOPOS.COM - Pekerja membersihkan ruas jalan tol Bawen-Salatiga, Bawen, Kabupaten Semarang, Jateng, Senin (28/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan tol Jogja-Bawen Jawa Tengah paling cepat bisa dimulai pada awal 2019

 
Harianjogja.com, SLEMAN-Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan jalan tol Jogja-Bawen Jawa Tengah paling cepat bisa dimulai pada awal 2019 mendatang. Saat ini masih dalam proses kajian rute.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga : Tol Bawen-Jogja, Melayang atau Mendarat?

Setelah survei lokasi akan dilanjutkan dengan penetapan lokasi (Penlok) dari Gubernur DIY khusus untuk lokasi yang masuk wilayah DIY. “Setelah ada Penlok, baru kami desain dan pembebasan lahannya,” kata dia, disela-sela mengikuti acara Dies Natalis Universitas Gadjah Mada (UGM), Minggu (17/12/2017).

Basuki berharap tahapan itu bisa selesai selama 2018 mendatang, sehingga pihaknya bisa memulai pembangunannya,” Tahun 2019 awal baru bisa memulai pembangunannya,” kata dia.

Disinggung soal kemungkinan jalur bebas hambat Jogja-Bawen tersebut akan mendarat atau melayang, Basuki belum bisa memastikan karena survei lokasi masih dilakukan.

Namun, ia berpendapat tol Jogja-Bawen diupayakan tidak melayang atau elevated, karena biayanya terlalu mahal dan berdampak pada tarif tol juga nantnya akan mahal.

“Bisa diupayakan dengan trowongan [sebagai solusi selain melayang],” ucap Basuki.

Gubernur DIY sudah mewanti-wanti agar pembangunan tol Jogja-Bawen tidak tidak sampai melintasi pemukiman padat penduduk, Gunung Merapi, dan kawasan cagar budaya. Jika ketigal hal tersebut bisa dipenuhi tanpa harus melayang, Sultan mempersilakan untuk dibangun.

Terkait konstruksi tol melayang atau tidak rencananya akan dibahas pada Senin, hari ini. Diketahui , Proyek Tol Bawen-Jogja merupakan satu dari 245 proyek prioritas dan strategis nasional yang termaktub dalam Peraturan Presiden No.58/2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalur tol Jogja-Bawen akan dibangun sepanjang sekitar 70 kilometer. Pembangunan akan dilakukan tiga tahap, mulai dari Bawen-Secang, Secang-Borobudur, dan Borobudur-DIY. Khusus wilayah DIY membutuhkan sekitar 8-10 kilometer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya