SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEGAL — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa pemerintah menargetkan 640 km dari 870 km jalan tol Jakarta-Surabaya sudah beroperasi pada akhir Desember 2018.

“Target kami Jakarta-Surabaya sepanjang 640 km sudah dapat dioperasikan akhir Desember 2018,” ungkap Basuki Hadimuljono saat mendampingi Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Pemalang-Batang di Gerbang Tol Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah ruas jalur jalan tol sepanjang 230 km yang belum terselesaikan, kata dia, akan terus dikebut pengerjaannya. Ruas-ruas jalan bebas hambatan itu seperti sebagian jalan tol Sragen-Ngawi sepanjang 51 km, jalan tol Pemalang-Batang, dan jalan tol Batang-Semarang yang kesemuannya ditargetkan siap pada pekan kedua November 2018.

Ekspedisi Mudik 2024

“Jadi, minggu kedua Desember sudah bisa nyambung untuk liburan Natal 2018,” simpulnya.

Terkait masalah apakah kendaraan yang melewati jalur jalan tol tersebut akan dikenai tarif m elintas di jalan bebas hambatan, Basuki mengatakan pemerintah masih mengratiskan tarif tol itu hingga akhir Desember 2018. “Namun, [mulai] Januari 2019, [Kendaraan yang melalui jalan tol] baru akan dikenai tarif tol. Tarif tol sekitar Rp1.000/km,” lanjutnya.

Ia berharap dengan selesainya pembangunan jalur jalan tol Jakarta-Surabaya sepanjang 870 km dan Jakarta-Banyuwangi 1.050 km tersebut, maka akan memberikan kenyamanan bagi pengemudi kendaraan saat merayakan libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. “Mudah-mudahan, [pengemudi kendaraan] pada Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 bisa lebih cepat, aman, nyaman,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya