SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol (JIBI/Solopos/Dok.)

Tol Bawen-Jogja terus dikaji

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah pastikan pembangunan tol di DIY sepanjang 8-10 kilometer. Jalan tol itu merupakan bagian dari proyek besar pemerintah pusat terkait pembangunan jalan tol Jogja-Bawen sepanjang 71,5 kilometer. Hingga kini pihak pemerintah pusat bersama pemerintah DIY masih terus melakukan kajian terkait hal tersebut.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Baca Juga : DIY Bakal Dilewati 10 Kilometer Jalan Tol Bawen – Jogja

Anggota Tim Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan DIY Rani Sjamsinarsi menjelaskan pemerintah DIY pada dasarnya tidak pernah menolak dibangunnya jalan tol tersebut. Bagaimanapun, masyarakat DIY nantinya tetap akan membutuhkan jalan tersebut, terutama bagi masyarakat yang hendak menuju ke Semarang.

Hanya saja, persoalannya kini adalah sejauh mana keberadaan jalan tol itu mempengaruhi lingkungan sosial ekonomi di wilayah sekitarnya.

Oleh karena itulah, pihaknya berpesan kepada pemerintah pusat agar benar-benar mengkaji secara cermat terlebih dulu, khususnya terkait pemilihan rute dan bentuk jalan yang akan dibangun.

Pada prinsipnya, pihaknya mensyaratkan agar pembangunan jalan tol itu tidak terlalu banyak memakan lahan. Selain itu pihaknya juga menyarankan agar lokasi jalan tol tidak tepat di tengah-tengah wilayah DIY.

“Bayangkan saja jika DIY dibelah oleh jalan tol. Warga yang ada di utara jalan jelas akan terpisah oleh warga yang ada di selatan jalan,” tegasnya, Selasa (15/8/2017).

Atas dasar itu, dalam pertemuan dengan pihak Deputi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Menko Perekonomian tersebut, Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X sempat melontarkan wacana pemanfaatan Selokan Mataram sebagai lokasi alternatif dibangunnya jalan tol.

“Usul itu [pemanfaatan selokan mataram] sebenarnya cukup solutif. Tentu saja, titik selokan mataram yang dipilih bukan yang ada di tengah kota,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya