Tol Batang-Semarang Masih Butuh 56 Ha Lahan

Tol Batang-Semarang Masih Butuh 56 Ha Lahan

SOLOPOS.COM - Foto udara kawasan di seputaran jembatan untuk jalan tol Batang-Semarang di Kandeman, Batang, Jawa Tengah, Sabtu (27/5/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Tol Batang-Semarang belum bisa dibangun sepenuhnya sebelum 56 ha lahan selesai dibebaskan.

Solopos.com, BATANG — Pembangunan jalan tol ruas Batang-Semarang yang melintasi wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah masih memerlukan 56 ha lahan karena ada beberapa titik jalan yang kondisinya kurang sempurna dan perlu pelebaran luas jalannya.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Batang-Semarang, Wijayanto, di Batang, Senin (12/2/2018), mengatakan bahwa sesuai rencana, pada Lebaran 2018, jalan tol Batang-Semarang sudah harus dapat dilewati kendaraan dan tidak lagi bersifat fungsional sebagaimana Lebaran sebelumnya. "Akan tetapi, saat ini ada beberapa titik jalur tol yang kondisinya kurang sempurna dan membutuhkan pelebaran sehingga kami masih membutuhkan lahan sekitar 56 ha lagi," katanya.

Menurut dia, jalan tol di Kabupaten Batang terdapat beberapa titik jalan yang kondisi tanjakannya tajam sehingga perlu dipangkas agar landai dan lokasi jalan yang mempunyai kemiringan dan berada dekat perumahan seperti di Desa Cepoko Kuning. Adapun, kata dia, untuk mempermudah proses administrasi dalam proses ganti untung maka status kepemilikan tanah dan rumah harus jelas.

"Pada proses pembebasan lahan sebelumnya, banyak warga yang tidak jelas. Oleh karena, kami berharap masyarakat tidak menyepelekan karena proses pengadaan harus selesai sebelum Mei 2018," katanya.

Ia mengatakan saat ini pembangunan jalan tol Batang-Semarang masih pada tahap kontruksi dan saat Lebaran 2018 sudah dapat dilalui kendaraan. "Adapun guna memberikan akses yang menghubungkan jalan tol dengan jalan umum dan fasilitas istirahat pengguna jalan, akan dibangun rest area di Plelen dan Gondang, dan interchange, exit tol Kandeman," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.