SOLOPOS.COM - Blus batik tenun Xoxa (tokosolopos.com))

Toko Solopos menghadirkan koleksi kemeja dan blus batik elegan.

Solopos.com, SOLO – Toko Solopos menyajikan koleksi kemeja dan blus batik terbaru dengan tampilan elegan, yakni batik dan tenun XoXa. Pakaian itu sangat cocok dipakai oleh semua kalangan, karena memiliki perpaduan unsur tradisi dan modern.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemeja batik tenun Xoxa (Tokosolopos)

Kemeja batik tenun Xoxa (Tokosolopos)

Unsur modern dapat dilihat dari model pakaian yang selalu mengikuti perkembangan dunia fashion. Sedangkan unsur tradisi diwakili oleh motif biota laut dan pesisir yang tergambar di pakaian tersebut. Pakaian itu diproduksi dalam jumlah terbatas untuk menjaga kualitas.

Kemeja dan blus batik tenun XoXa terbuat dari kombinasi benang katun yang diproses dengan alat tenun bukan mesin (ATBM) dan mesin tenun mesin modern, yang menghasilkan kain eksklusif. Staf Toko Solopos, Nina Andriyani kepada Solopos.com, Rabu (30/11/2016), menuturkan perpaduan proses penenunan itu menghasilkan kain eksklusif yang bertekstur seperti seragam tentara yang rapat, kuat, dan tahan lama. Berbeda dengan kain hasil tenunan ATBM yang mudah robek.

Proses pembuatan kain batik tenun memakan waktu yang relatif lebih lama. Pasalnya, setelah selesai ditenun, kain harus diuapi agar tidak mengkerut. Setelah itu, kain akan dicap dengan pola batik tertentu. Proses pengecapan itu dilakukan dengan tembaga panas yang dicelupkan pada cairan lilin berwarna cokelat. Selanjutnya, kain batik tenun dicelup ke dalam cairan warna.

Setelah semua proses pengecapan dan pewarnaan selesai, kain batik akan direbus untuk menghilangkan lapisan lilin yang masih menempel. Kemudian, kain batik tenun dijahit sesuai dengan model yang diinginkan.

Kemeja dan blus batik tenun XoXa sangat cocok dipakai dalam berbagai acara formal maupun informal. Satu potong kemeja dan blus batik tenun XoXa yang tersedia di Toko Solopos dibanderol dengan harga Rp285.000, harga yang cukup terjangkau untuk baju batik eksklusif bukan? (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya